Tuesday, December 29, 2015

TV PANASONIC TC-1460R GAMBAR TIDAK KONTRAS


Kerusakan:
Televisi Panasonic TC-1460R jika kita hidupkan terlihat tampilan gambar tipis , tidak kontras serta suka goyang atas bawah.

Model televisi Panasonic :

model televisi panasonic



Perbaikan:
Secara garis besar televisi ini bekerja dengan baik ,ada gambar serta suara dan permasalahan sekilas sudah bisa kita perkirakan yaitu ada dibagian video. Kita lakukan pemeriksaan dibagian Video input , disini dipasangkan filter berbentuk modul kecil dimana ada beberapa kaki. Dari modul ini baru dipasangkan Transistor dan selanjutnya baru dihubungkan ke video output IC penerimaan . Pengukuran tegangan terukur baik yaitu 3,7 volt untuk basis Transistor dengan Colector mendapat supply 12 volt.

Di modul filter video ada 2 kaki untuk input videonya, satu lewat emitor Transistor dan satu lagi lewat Resistor yang terhubung langsung dari video out IC penerimaan. Untuk mengatasi permasalahan ini kita cukup menjumper kedua kaki tadi tanpa harus menggantinya tentunya,  tampilan filter modul video bisa kita lihat pada gambar berikut :

filter-modul-video-panasonic

Setelah kita lakukan penjumperan kini kita coba hidupkan televisi Panasonic-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal. Sedikit tambahan, mainboard televisi ini belum bebas dari setrum jadi dalam harus lebih hati-hati dalam melakukan pemeriksaan, tentunya akan sedikit merepotkan. ini mesti kitaa ketahui dari awal sebelum kita lakukan perbaikan, poin hanya dengan melihat soket antena saja.

Apabila soket antena terhubung langsung tanpa memakai Capasitor maka mainboard itu bebas setrum di area Sekundernya dan sebaliknya jika memakai Capasitor sudah jelas mainboard mengadung setrum di area sekunder. Sekunder yang kita maksud area Power supply unit yang ada di mainboard televisinya. Inilah sekilas perbaikan televisi Panasonic yang kita lakukan , semoga bisa bermanfaat.

Ic crhoma televisi Panasonic di mainboard :

Ic crhoma televisi panasonic



No comments:

Post a Comment