Thursday, December 10, 2015

TV LCD LG 37LG53FR TIDAK BISA DINYALAKAN


Kerusakan:
LCD TV LG 37LG53FR awal kita hidupkan semuanya terlihat normal-normal saja, tidak ada masalah ditampilan gambar serta suaranya, yang menjadi masalah adalah ketika kita matikan dengan remote dan ketika kita coba hidupkan kembali,, LCD sama sekali tidak mau hidup.

Model LCD TV LG :

model lcd tv LG 37LG53FR

Perbaikan:
PSU/ power supply unit menjadi rangkaian pertama yang mesti kita periksa dan untuk mempermudah kita bisa lihat parameter yang tertera di PCB disana ada poin-poin besaran tegangan yang dikeluarkan PSU. PSU yang ada di LCD TV secara umum ada 2 varian yaitu :

1 PSU untuk sistem control dimana ini terhubung ke mainboard/ logicboard

2 PSU untuk sistem penaik tegangan/ inverter

PSU untuk sistem control jika kita masukan aliran listrik maka akan langsung hidup sedangkan untuk PSU untuk sistem inverter baru akan hidup jika maiboard/logicboard memberi sinyal on. Untuk kasus kerusakan yang dialami LCD TV LG ini memang ada dibagian PSU untuk sistem inverter ini kita ketahui setelah kita lakukan pengukuran dan kita dapatkan tegangan B-up untuk sistem driver dalam kondisi tersedia yaitu 15 volt . Ic yang digunakan type NCP1396AG dan untuk mendapatkan suku cadang ini kita mesti pesan dari luar. Posisi Ic di mainboard bisa kita pada gambar berikut :

pos-ic-NCP1396AG

Setelah menunggu beberapa minggu alhamdulillah pesanan Ic NCP1396AG sampai dan langsung kita pasangkan , proses pelepasan kita gunakan solder uap karena Ic dilekatkan lem dibagian bawahnya. Untuk pemasangan Ic NCP1396AG kita gunakan solder biasa. Kini saatnya kita lakukan pengetesan, kita pasangkan semua kabel penghubung dari PSU untuk kedua rangkaian yaitu mainboard serta inverter selanjutnya kita masukan aliran listrik dan kita tekan tombol power di remote ? hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal, LCD TV LG 37LG53FR sudah berfungsi seperti sedia kala.






sumber:

No comments:

Post a Comment