Tuesday, December 29, 2015

TV CHANGHONG 29 INC MATI TOTAL


Kerusakan:
Televisi Changhong saya coba hidupkan hasilnya sama sekali tidak tampilan gambar apalagi suaranya, lampu indikator tampak tidak menyala.

Perbaikan:
Langkah awal pemeriksaan seperti biasa ada di rangkaian horizontal, komponen terkait adalah Transistornya. Caranya dengan mengukur transistor  pakai multitester untuk mengetahui kondisinya rusak atau tidak,  hasil pengukuran didapat positif transistor dalam kondisi rusak.

Saya lepaskan transistor horizontal dengan type 2SC5200 lalu saya hidupkan televisi terlebih dahulu untuk mengukur tegangan B+ nya, hasilnya tegangan supply dalam kondisi normal yaitu 115 volt. Transistor pengganti dengan type 2SD2580 langsung saya pasangkan lalu saya hidupkan lagi televisi ? hasilnya televisi terlihat bisa hidup selama beberapa detik dan tak lama langsung terjadi mati.
Biasanya hal ini jarang terjadi dan setelah beberapa saat saya lakukan pengukuran di area horizontal akhirnya baru diketahui ada komponen yang mengalami kerusakan yaitu ada di Capasitor 330nf/200 volt. Capasitor ini berfungsi sebagai filter untuk yoke defleksi horizontal, posisi capasitor lihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-changhong

Tanda-tanda apabila terjadi kerusakan di capasitor ini adalah playback mengeluarkan bunyi dan disertai temperatur transistor horizontal yang langsung over heat. Setelah saya gantikan Capasitor dan Transistor horizontalnya, hasilnya Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup dengan normal.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment