Friday, December 18, 2015

TV AKIRA CT-21SK9CP MATI STANDBY


Kerusakan:
Tv Akira ct-21sk9cp jika kita hidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang menyala, tidak tampak tampilan gambar apalagi suaranya.

Model tv Akira :

model-tv-akira-ct21kp9cp


Perbaikan:
Setelah kita buka tvnya langsung kita lakukan pengukuran, poin utama ada dibagian output PSU/ power supplu unit dan hasil yang kita dapatkan adalah semua tegangan output dalam kondisi normal. Tegangan utama yaitu B+ terukur 115 volt serta tegangan control 12 volt, kita coba tekan tombol program dan ternyata tv terlihat hidup dengan tanda tegangan 24 volt untuk supply ke ic vertikal, cuman kenapa sama sekali tidak ada cahaya dibagian belakang CRT? kita lakukan pengukuran dibagian heater dan ternyata tegangan sama sekali tidak masuk ke bagian ini.

Setelah kita lakukan pengurutan jalur ternyata ada jalur yang putus, persisnya dari kaki resistor 1 ohm 1 watt dimana sebagai starting/ penahan untuk supply ke heater CRT. Jadi sudah ketemu penyebab utama kerusakan, setelah kita lakukan solder ulang dengan sebelumnya kita lakukan jumper terhadap jalur yang putus kini tv akira sudah berfungsi seperti semula. Gambar sudah terlihat lagi di layar monitornya begitu pula suara sudah bisa kita dengar lagi dari speakernya.

Ada sedikit penambahan yaitu solder ulang di beberapa titik dengan poin utama adalah dibagian komponen yang mengeluarkan panas diantaranya adalah ic regulator dan ic crhoma serta ic vertikal. Untuk kasus yang sering terjadi kelonggaran timah solder adalah dibagian ic regulator, berikut contohnya :

mainboard-tv-akira-ct21sk9c

Sedikit penambahan timah/ resolder membuat daya tahan tv akan menjadi lebih baik, jadi tidak ada salahnya lakukan langkah ini untuk memberikan servis yang memuaskan untuk konsumen kita. Seperti kita tahu banyak kerusakan yang di alami oleh televisi karena kendornya timah solder.








sumber:

No comments:

Post a Comment