Tuesday, December 29, 2015

TV AKIRA 21LGS1 GAMBAR DISTORSI


Kerusakan:
Televisi Akira jika kita hidupkan terlihat tampilan gambar timbul garis-garis yang bergerak dimana posisinya selalu berubah-rubah/ tidak bisa diam. Untuk sistem penerimaan dalam kondisi bagus tidak mengalami permasalahan.

Model televisi Akira :

model televisi Akira



Perbaikan:
Seperti yang sudah-sudah selalu kita mulai pemeriksaan dibagian Power supply , poin ada dibagian sekunder/ outputnya. Setelah televisi kita buka Casingnya sudah terlihat dengan kasat mata komponen yang mengalami kerusakan yaitu Capasitor. Capasitor yang dipergunakan sebagai filter telah mengalami perubahan fisik, dengan keadaan yang seperti ini kinerjanya semakin tidak bagus. Nilai Capasitor yang dipergunakan adalah :

1 100uf/160 volt

2 470uf/25 volt 2X

3 10uf/250 volt

4 1000uf/25 volt

Untuk memperbaiki ini kita lakukan penggantian secara keseluruhan pada Capasitor-nya, hal ini sangat diperlukan supaya perbaikan yang kita lakukan bisa agak kuat/ tidak mudah timbul masalah baru tentunya. Posisi Capasitor di Mainboard :

Mainboard televisi Akira

Capasitor-filter

Selesai pemasangan Capasitor kita lanjutkan resolder IC Crhoma + Control serta IC Vertikal. Setelah semuanya selesai kita coba lihat apakah resolder dalam kondisi baik/ tidak ada yang shot. Sekarang barulah kita coba hidupkan televisi Akira-nya dan hasilnya Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment