Friday, December 11, 2015

TV AKIRA 14 INC GAMBAR HANYA GARIS HORIZONTAL


Kerusakan:
Tv akira sudah bekas servisan, ini kita lihat dari mainboard yang sudah banyak sekali solderan baru dilayar monitor hanya bisa kita lihat garis horizontal saja.

Perbaikan:
Hal yang paling merepotkan adalah jika menemui kerjaan yang sudah pernah di kerjakan oleh orang lain, kenapa bisa begitu ? ini karena kerusakan bisa saja meluas ke area lain apabila terjadi kesalahan yang tak terduga. Untuk pemeriksaan awal kita lakukan di area vertikal dengan komponen utama ic la78040 dan setelah kita lakukan pengukuran tegangan supply untuk ic ini dalam kondisi normal yaitu 24 volt maka sudah bisa kita pastikan ic sudah dalam kondisi rusak.

Segera kita lepaskan ic yang rusak dan kita gantikan dengan ic yang baru dan setelahnya kita coba hidupkan tv akira-nya dan hasil yang kita dapatkan adalah layar sudah agak terbuka sedikit/ tidak penuh. Jadi ada masalah baru rupanya, tampilan gambar yang tidak penuh biasanya disebabkan adanya capasitor yang kering/ kosong isinya tapi untuk kasus kerusakan yang dialami tv akira ini  tidaklah demikian. Capasitor 1000uf/35 volt masih terlihat baik/ tidak kembung , tahap lanjutan kita coba masuk ke servis menu , mungkin saja ada settingan yang berubah tapi hasilnya tetap sama. Kode masuk servis menu adalah tekan volume down di panel control lalu osd di remote.

Dua analisa sudah kita lakukan maka tinggal satu lagi yaitu  memeriksa capasitor untuk sistem Vamp nilainya 0,47uf/50 volt dan ini ada di area ic crhoma. Untuk memudahkan mencari posisi Vamp adalah dengan mengurut jalur dari Vout yang terhubung ke ic vertikal dan biasanya ada di dekat-dekat Vout posisi Vamp-nya. Untuk lebih jelas bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-akira-C-posisi

Setelah kita lepaskan capasitor lama dan kita gantikan capasitor baru kini kita coba hidupkan tv akira dan hasilnya alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal







sumber:

No comments:

Post a Comment