Friday, December 4, 2015

TV AIWA A201 GAMBAR GARIS HORIZONTAL


Kerusakan:
Tv Aiwa jika kita hidupkan hanya terlihat garis horizontal dilayar monitornya.

Model tv Aiwa:

model tv aiwa A201



Perbaikan:
Langkah pemeriksaan awal kita lakukan di area verikal, disini memakai IC TA8403 untuk memudahkan proses pencarian maka kita hidupkan tv terlebih dahulu. Setelah tv hidup kita lakukan pengukuran apakah tegangan 24 volt untuk supply IC TA8403 tersedia atau tidak, dan hasil yang kita temui tegangan tidak tersedia/ tidak ada dan ini disebabkan karena Resistor fuses dalam kondisi putus. Dengan putusnya Resistor memastikan kita bahwa IC TA8403 sudah dalam kondisi rusak, segera kita lepaskan dari mainboard. Capasitor 100uf/35 volt untuk buffer IC TA8403 juga kita lepaskan dari mainboard, setelahnya kita pasangkan IC TA8403 serta C 100uf/35 volt baru serta kita pasangkan Resistor fuses nilai 0,5 ohm/ 1 Watt.

Kini kita coba hidupkan tv dan hasilnya tampilan gambar sudah kembali normal, ada masalah baru rupanya yaitu lebar horizontal agak melebar dan ini karena tegangan B+ mengalami kenaikan. Perbaikan untuk yang satu ini kita harus mengganti Capasitor 100uf/50 volt ada 2 buah dengan posisi pemasangan secara seri. Capasitor ini berada di area primer PSU/ power supply unit, tampilan gambarnya bisa diihat dibawah ini :

PSU-tv-Aiwa-A201

Setelah proses penggantian selesai , masih ada lagi masalah yaitu tampilan gambar hanya hitam putih alias tidak berwarna. Setelah kita periksa secara seksama ternyata penyebabnya karena terjadinya pergeseran frekuensi tuning/ AFT. Dan untuk memperbaiki hal ini cukup dengan melakukan trim di coil area penerimaan, tampilan gambarnya ada dibawah  :

aiwa-sistem-penerimaan

Alhamdulillah , semuanya berjalan lancar kini tv Aiwa sudah pulih seperti sedia kala.










sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment