Saturday, December 26, 2015

MEMBUAT ALAT STARTING TV


Televisi model-model terbaru terkadang tidak menyertakan alat starting sehingga terjadi lonjakan arus listrik yang cukup besar sehingga terjadi kasus MCB anjlok/ turun. Secara umum mungkin ini tidak terjadi apabila kita mempunyai daya listrik terpasang diatas 900 Watt tapi jika daya listrik kita hanya 450 Watt pastinya akan terjadi hal ini. Televisi dengan semakin besar ukuran inc-nya pastinya akan besar pula pemakaian listriknya , apalagi start awal  televisi saat pertama kali kita hidupkan dimana kondisi PTC masih dalam kondisi dingin membuat pemakaian arus listrik yang lumayan besar walaupun hanya hitungan detik.

Kita ada pasien dengan kasus serupa yaitu saat pertama kali dihidupkan televisinya listrik mendadak turun, berulang kali mencoba naikkan MCB tidak serta merta membuat televisi menjadi hidup dan akhirnya yang punya berasumsi televisinya rusak . Dan setelah televisi dibawa ke tempat kita segera kita lakukan pengukuran di kabel AC input dengan multitester dan dari sini kita dapatkan hasil masih dalam kondisi normal yaitu terukur hambatan 33 ohm. Karena daya listrik yang terpasang dirumah kita 2200 Watt maka langsung saja kita coba hidupkan televisinya dan hasilnya Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup, dari sini sudah bisa di tarik kesimpulan bahwasannya mainboard televisi ini tidak di lengkapi sistem starting jadi segera kita lengkapi.

Alat starting adalah berupa Resistor dengan ukuran 10/12/18/22/39 ohm dengan daya 10/15/20 Watt sesuaikan dengan kebutuhan dalam hal ini kita lihat ukuran televisi/ inc-nya, semakin besar ya semakin besar pula Watt resistor yang mesti kita pergunakan. Untuk letak pemasangan di mainboard adalah dibagian Switch on-off setelah masuk ke Fuses/sikring ( potong jalurnya ) di antara potongan jalur tersebut pasangkan resistor 10 ohm/10 watt. Contoh gambarnya bisa dilihat dibawah ini :

mainboard-tv-power-supply-a


Dalam gambar bisa dilihat adanya 2 buah kabel itu adalah jumperan untuk kaki Resistor , jika kita lihat tampak atasnya adalah seperti ini :

Alat-starting

Fungsi resistor ini adalah menahan lonjakan arus listrik saat sistem degaussing berfungsi, sehingga pemakaian arus listrik menjadi lebih ringan. Inilah sekilas tentang tata cara pemasangan alat starting untuk televisi, semoga bisa bermanfaat.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment