Saturday, December 19, 2015

Berbagai Kerusakan Tv Ichiko


1. TV ICHIKO POWER SUPPLY KONSLETING
Kerusakan:
Tv ichiko dalam kondisi mati-total setelah  dibuka terlihat fuses/ sikring putus.

Model mainboardnya :

model mainboard tv ichiko



Perbaikan:
Fuses/ sikring yang putus ini sudah memberi sinyal adanya komponen yang mengalami kerusakan, poin utama ada di transistor untuk power switching. Cara termudah adalah dengan menggunakan multitester dan lakukan pengukuran di area filter tegangan 300 volt, di kaki Capasitor ? tempelkan prob mutitester hitam di kaki minus sedangkan prob merah di kaki plus  jika terukur 0 ohm maka sudah jelas transistor sudah dalam kondisi shot/ konsleting ( gunakan multitester dengan batas ukur x10 atau x100 ). Setelah diketahui adanya kerusakan lepaskan transistor power switching dan lanjutkan dengan mengukur komponen dioda.
Mainboard ini menggunakan dioda 4 buah dan disini saya dapatkan ada 2 buah dioda yang shot/ konsleting, (pengukuran dioda adalah tidak boleh terhubung bolak-balik harus satu arah jika memang dioda masih dalam kondisi bagus). Dioda pengganti disini saya gunakan model bridge/ 4 dioda yang telah dijadikan 1, cara pemasangan di PCB agak sedikit di modif seperti ini tampilannya :

PSU tv ichiko

Setelah semua komponen rusak saya lepaskan dan digantikan maka tahap selanjutnya adalah melakukan pengetesan dengan memasukkan aliran listrik, Transistor power switching jangan di pasangkan dulu, ukur tegangan driver untuk transistor power switching disini tegangannya 5 volt. Supply tegangan ini termasuk cukup besar untuk start awal supaya PSU bisa bekerja. Transistor pengganti harus yang kualitas bagus supaya tidak terjadi kerusakan seperti ini lagi.
Saya sedikit menambahi yaitu memasangkan Resistor starting dengan nilai 15 ohm/ 15 watt ini hanya untuk pengaman saja supaya PSU bisa lebih awet, seperti ini tampilan Resistor starting setelah saya pasangkan :

resistor starting

Saya pasangkan transistor power switching lalu masukkan aliran listriknya dan hasilnya alhamdulillah sistem PSU/ power supply unit sudah kembali berfungsi, tegangan B+ terukur 115 volt  . Transistor power switching yang saya gunakan adalah type 2SD2581 , mungkin bisa gunakan type lain selama transistor digunakan adalah original/asli.


2. TELEVISI ICHIKO LAMPU INDIKATOR MENYALA TIDAK ADA GAMBAR
Kerusakan:
Televisi Ichiko jika dihidupkan cuma terlihat lampu indikatornya saja yang menyala sedangkan pada layar monitor sama sekali tidak ada tampilan.

Model televisi Ichiko :

model-televisi-Ichiko-300x225



Perbaikan:
Lampu indikator yang menyala saat kita hidupkan televisinya ada indikasi rangkaian power supply masih berfungsi dengan baik. Permasalahan dengan tidak ada tampilan pada layar monitor bisa disebabkan oleh beberapa faktor dan untuk kasus kerusakan kali ini ada pada playback. Awal sebelum terlihat playback mengalami kembung pada badannya kita adakan pengukuran dengan hasil tegangan B+ hanya 50 volt.

Kondisi playback bisa dilihat pada gambar berikut :

playback-televisi-ichiko-225x300

Type playback ini BSC25-N0587 dan kita gunakan playback pengganti dengan type BSC25-Z603F yang secara pinoutnya adalah sama persis. Tampilan playback pengganti ada pada gambar berikut :

playback-BSC25-Z603F-2-300x225

Segera kita lepaskan playback lamanya dan kita pasangkan playback yang baru, sebelum kita coba hidupkan televisi ada baiknya kita lakukan penggantian juga pada capasitor area filter tegangan B+ dan yang lainnya. Pada mainboard televisi Ichiko ini kita lihat ada beberapa capasitor yang sudah dalam kondisi yang kurang bagus. Tampilan mainboard televisi Ichiko bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Ichiko-300x225

capasitor-filter-power-supply-televisi-Ichiko-300x225

Setelah selesai semua proses penggantian kini kita coba hidupkan televisi Ichiko dan hasilnya Alhamdulillah televisi Ichiko sudah kembali hidup. Karena penggantian playback maka mesti diadakan setting ulang pada level screen serta fokus. Setelah pas tinggal kita rapikan televisinya dan kita tutup kembali casing bagian belakangnya. Alhamdulillah selesai sudah perbaikan untuk televisi ini.


3. TELEVISI ULTRA SLIM ICHIKO TIDAK ADA GAMBAR
Kerusakan:
Televisi Ichiko kita coba hidupkan , tidak ada gambar pada layar monitor-nya cuma terdengar suara desis dari dalam televisi.

Perbaikan:
Televisi tidak mau hidup, bagian paling awal kita periksa ada pada bagian rangkaian power supply. Gejala awal yang paling mudah dipredeksi adalah suara desis, dari mana asalnya ? segera kita adakan pengukuran pada rangkaian power supply. Hasil pengukuran kita dapatkan tegangan B+ dari output power supply untuk bagian playback mengalami drop. Penyebab tegangan drop kita coba telusuri , dan barakhir pada Capasitor.

Capasitor untuk filter tegangan B+ mengalami kerusakan dengan kapasitas 100 uf/160 volt. Kita siapkan capasitor pengganti dan memasangkannya pada mainboard, setelah selesai kita coba hidupkan televisi lagi ? hasilnya alhamdulillah televisi sudah kembali hidup. Tegangan B+ adalah sebagai pengunci utama sistem power supply, dengan tidak stabilnya pada bagian ini membuat output yang lainnya juga mengalami trouble.

Posisi capasitor bisa kita lihat pada gambar berikut :

mainboard-televisi-Ichiko-2-300x225

Sampai tahap ini mungkin sudah kita anggap selesai karena televisi-nya sudah hidup, tapi ada hal yang mesti kita tambahkan yaitu mesti resolder pada beberapa titik karena rentan terjadi keretakan. lokasinya ada pada bagian :

1 Kaki Ic Vertikal

2 Kaki Playback

3 Kaki trafo power supply

4 kaki resistor power supply / area tegangan 300 volt

5 Kaki Resistor untuk sistem regulator

5 Kaki transistor pada video RGB untuk CRT

6 Kaki soket RCA untuk input-output video

7 Kaki PTC untuk sistem goussing

8 Kaki Soket Yoke

9 Kaki Resistor untuk Heater CRT

10 Kaki trimpot untuk parameter B+

Untuk tambahan kita lengkapi dengan type playback yang digunakan pada mainboard televisi Ichiko , tampaknya bisa dilihat pada gambar berikut :

type-playback-televisi-Ichiko-BSC26-N1089D-300x225

Pinout playback adalah :

1 Colector

2 B+

3 +17 V

4 Afc

5 Ground

6 Heater

7 Abl

8 Nc

9 180V

10 -17V

Itulah sekilas yang bisa kita utarakan, semoga bermanfaat.












sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment