Wednesday, December 2, 2015

KERUSAKAN TUNER TV LG


Tuner tv LG yang sedang kita coba perbaiki adalah model digital, secara umum biasanya Tuner tidak terhubung langsung dengan sistem penerimaan / IF . Untuk yang satu ini sistem IF sudah menjadi kesatuan dengan blog Tuner ini bisa kita lihat dengan ukuran Tuner yang tidak seperti biasanya/ lebih panjang, seperti ini tampilannya :

tuner-tv-LG


Kerusakan:
Kasus kerusakan yang terjadi di tv LG ini adalah sistem penerimaan menjadi tidak stabil , kadang dapat kadang tidak dan bila dapat juga hasil gambar tidak karuan seperti tidak sinkron. 


Perbaikan:
Membutuhkan sedikit waktu untuk memetakan kiranya ada dibagian mana penyebab kerusakan, setelah menyelidiki  beberapa blok akhirnya bisa kita pastikan Tuner yang menjadi biang keladinya. Untuk memperbaiki Tuner ini tidak terlalu susah karena kita hanya perlu mengganti Capasitor yang ada didalam Tuner itu, Capasitor ini berfungsi sebagai filter untuk gain IF video. Posisinya bisa kita lihat pada gambar berikut :

tuner-tv-LG-1


Nilai capasitornya adalah 2,2uf/50 volt dan setelah kita lakukan penggantian kini Tuner sudah berfungsi seperti sedia kala, dengan demikian maka tv LG sudah bisa normal kembali.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment