Monday, November 16, 2015

TV SHARP 51ZF250MSL MATI PROTEK


Kerusakan:
Tv Sharp 51zf250msl jika saya coba hidupkan cuman terlihat lampu indikator saja yang menyala, layar monitor sama sekali tidak ada tampilan gambar.

Model tv Sharp :

model-tv-sharp-51zf250msl

Perbaikan:
Untuk memudahkan proses pemeriksaan hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan terlebih dahulu papan mainboard (PCB ), disini hampir 90 persen tertutup abu. Setelah bersih langkah selanjutya lihat timah solder terutama dibagian yang mengeluarkan hawa panas tinggi yaitu IC regulator yang paling awal lalu IC vertikal. Timah diarea regulator terlihat longgar maka segera lakukan resolder ( tambahkan timah baru ) , tampilan IC regulatornya  :

ic-regulator

Setelah ini coba hidupkan tvnya dan hasilnya tv dalam kondisi protek ( sesaat mau hidup lalu standby ), karena kondisi masih seperti semula maka saya coba telusuri kiranya ada dibagian mana letak kerusakan dan akhirnya  didapatkan ada dibagian B+ video CRT tegangan 180 volt. Saat awal tv hidup saya ukur tegangan yang seharusnya 180 volt cuma terukur dibawah 100 volt, tegangan ini supply ke area penguat video CRT. Penyebab utamanya adalah capasitor 33 uf/250 volt sebagai filter sudah tidak berfungsi dengan baik, posisi capasitor di mainboard :

mainboard-tv-sharp-51zf250m

Segera digantikan capasitor 33uf/250 volt, disini saya gunakan nilai 47uf/450 volt dan setelah selesai saya hidupkan tv kembali dan hasilnya Alhamdulillah tv Sharp sudah kembali normal ( tidak protek lagi )





sumber:

No comments:

Post a Comment