Thursday, November 12, 2015

TV SHARP 29DXS88RD2 STANDBY


Kerusakan: 
TV Sharp 29dxs288rd2 jika kita coba hidupkan lampu indikator berubah dari merah ke hijau tak lama langsung ke merah lagi,, layar sama sekali tidak ada tampilan.

Model tv Sharp :

model-tv-sharp-29dxs288rd2




Perbaikan:
TV Sharp ini masih dalam kondisi belum pernah servis, jadi ada kemungkinan ada komponen yang longgar ? inilah yang sempat terpikir saat awal kita buka casingnya. Setelah terbuka casing langsung kita lihat area yang kemungkinan mengalami longgar timah soldernya, paling utama area Vertikal disini menggunakan LA78041 . Temperatur kerja IC Vertikal sangat panas sekali sedangkan timah solder untuk bagian ini sangat tipis sehingga rentan mengalami keretakan. Memang tidak dalam waktu dekat bisa terjadi hal ini, melainkan seiring pemakaian barulah terjadi kasus ini.

Sistem penerimaan televisi yang semakin maju menggunakan sistem feedback / umpan balik , jadi bila satu rangkaian tidak bekerja dengan baik maka akan terjadi kesalahan di sistem control ( logic ) dan MCU berada ke posisi standby. Kasus inilah yang terjadi pada tv Sharp yang sedang kita tangani, dengan tidak bekerjanya sistem vertikal maka mcu membalikkan posisi start menjadi standby tandanya kita lihat dari lampu indikator yang berubah warna dari merah ke hijau lalu merah kembali.

Untuk memperbaiki masalah ini sangat mudah, caranya hanya menyolder ulang area vertikal dengan komponen terkait IC Vertikal,, posisi di mainboard :

mainboard-tv-sharp-29dxs88

Setelah kita lakukan resolder, masalah alhamdulillah terselesaikan







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment