Tuesday, November 3, 2015

TV SHARP 21ES353E MATI TOTAL


Kerusakan:
TV SHARP 21ES353E jika kita hidupkan sama sekali tidak ada tampilan gambar maupun suara,, lampu indikator kita lihat juga tidak menyala.

Model TV SHARP :

model-tv-sharp-21ES353E

Perbaikan:
Kasus mati- total sudah menjadi permasalahan yang umum dan penyebab bisa banyak faktor yang pada intinya kita lihat dari gejala yang nampak. Lampu indikator tidak menyala ? ada indikasi Power Supply Unit ( PSU ) tidak bekerja , untuk memastikan lebih detail lebih mudah kita ukur dahulu fuses ( sikring ) apakah putus atau tidak . Kondisi Fuses kita bagus dan kabel penghubung jala-jala juga bagus , Jadi kedua komponen tersebut dalam kondisi bagus . Tahap berikutnya kita keluarkan papan PCB dari casis dan kita balikan supaya bisa kita lakukan pengukuran dengan multitester, saat kita masukan tegangan dari jala-jala PLN kita ukur tegangan 310 volt terukur normal di kaki capasitor filter 220uf/400 volt , PSU TV SHARP ini menggunakan IC STRW 6553A .

PSU-tv-sharp-21ES353E

Sempat terpikir IC STRW 6553A yang menjadi penyebab kerusakan cuma sebelum kita vonis kita sempatkan terlebih dahulu mengukur komponen bagian output PSU. Di area tersebut ada DIODA dan CAPASITOR dan poin utama pada bagian tegangan terbesar yaitu 115 volt untuk supply FBT. Capasitor kita lihat agak mengelembung badannya dan saat kita lepaskan dari PCB dan kita ukur ternyata sudah dalam kondisi rusak, nilainya 100uf/160 volt ( kita gunakan multitester X10 jarum tidak bergerak naik ↔ turun ) jadi langsung kita pasangkan Capasitor baru dengan nilai yang sama.

Setelah kita selesai pasangkan capasitor 100uf/160 volt tegangan output 115 volt sudah tersedia dan lampu indikator sudah tampak menyala cuma FBT tidak bekerja saat kita tekan tombol power via remote maupun via panel control. Kita coba telusuri kembali diagram yang ada di mainboard dari arah tegangan 115 volt ke FBT dan baru ketahuan ada resistor yang putus ( ada 3 buah terpasang pararel ) dan untuk ini kita pasangkan nilai 0,5 Ω 2 WATT .

Posisi Capasitor dan Resistor :

mainboard-tv-sharp-21ES353E

Setelah kita pasangkan Resistor 0,5 Ω 2 WATT kita coba lagi hidupkan TV SHARP dan saat kita tekan tombol power via remote control hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal , tampilan gambar sudah tampak begitu pula dengan suaranya.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment