Sunday, November 8, 2015

TV SHARP 14B25 MATI PROTEK


Kerusakan:
Tv Sharp jika dihidupkan cuma terlihat lampu indikator yang berubah warna dari merah ke hijau dan sesaat kemudian kembali ke warna merah,, dilayar monitor sama sekali tidak ada tampilan gambar.

Model Tv Sharp :

model-tv-sharp-14b21


Perbaikan:
Status protek jika kita temui kerusakan yang seperti ini dan secara default memang sudah ada di sistem penerimaan televisi, banyak faktor yang bisa membuat sistem protek bekerja dan salah satu yang paling umum adalah karena beban berat yang mesti di supply oleh power supply, ( arus yang berlebihan ) .Dan benar adanya untuk kasus kali ini kerusakan ada di yoke defleksi dan ini bisa dilihat kasat mata saat kita coba hidupkan tv dan terlihat percikkan bunga api dari yoke defleksi tersebut. Perbaikkan yang harus kita lakukan adalah dengan menggadakan penggantian yoke defleksi, dan sayangnya kita agak kesulitan untuk mencari type yang sama persis.

Akhirnya kita dapatkan dari barang cabutan yang kebetulan memang merk sharp juga , dan hasil yang didapat setelah terpasang adalah tampilan gambar agak melebar. Untuk mengatasi masalah ini kita menggunakan trafo yoke yang memang banyak dipasaran dan untuk pemasangannya kita tempelkan di body yoke defleksi-nya, seperti ini tampilannya :

yoke-defleksi-with-trafo

Untuk urutan pemasangan kabel trafo yoke adalah :

Pin trafo 1 warna biru ⇔ sama dengan kabel yoke warna biru ( pin yoke 2 )
Pin trafo 2 warna merah ⇔ ke yoke ( pin yoke 1 )
Pin trafo 3 ⇔ 7 ( pilih salah satu untuk sesuaikan lebar gambar ) warna merah ⇔ ke mainboard ( colector FBT )
Setelah kita sesuaikan kini tampilan gambar sudah seperti aslinya, ada sedikit yang kurang yaitu settingan vertikal dan untuk ini kita mesti masuk servis mode , ( caranya dengan menggabungkan 2 kawat yang ada di pcb ) untuk lokasinya bisa dilihat berikut ini :

mainboard-tv-sharp-sermode-area

Pilih option V-size dan tinggal kita naikkan levelnya….

Alhamdulillah selesai sudah perbaikkan yang kita lakukan,,, semuanya berjalan lancar.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment