Wednesday, November 11, 2015

TV SANYO FLAT 29 EW BERMASALAH


Kerusakan:
TV Sanyo flat saat kita hidupkan tampilan dilayar monitor terlihat tidak penuh pada sisi kanan dan kiri serta terlihat melengkung.

Perbaikan:
Tahap awal yang mesti kita periksa adalah bagian EW biasanya menggunakan transistor type biasa ( NPN /PNP ) atau ada juga yang menggunakan type FET. Komponen terkait yang biasanya terpasang adalah lilitan dan setelahnya baru terpasang resistor dan di kopel dengan capasitor ( nilai nanofarad ) dan dari sini baru masuk ke transistor untuk di atur besar kecilnya sistem ground. Untuk memastikan kita lakukan pengukuran satu demi satu komponen tersebut dan hasil akhirnya adalah untuk sistem control EW yaitu yang ada diarea horizontal komponen terkait semuanya masih dalam kondisi normal.

Karena sudah positif area EW baik-baik saja maka kita lanjutkan pemeriksaan ke arah driver untuk supply control EW, ini didapatkan dari IC Crhoma yang secara garis besar mewakili secara keseluruhan sistem penerimaan tv. Untuk mempermudah kita hidupkan tv sanyo dan kita lakukan pengukuran tepat di area driver dan tegangan yang terukur hanya ada 0,5 volt. Jadi semakin jelas kiranya komponen apa yang mengalami kerusakan, disini terpasang 1 transistor dengan model SMD dan untuk memastikan mesti kita lepaskan terlebih dahulu. Setelah terlepas dari rangkaian lalu kita ukur ulang dan hasilnya tegangan terukur menjadi 5 volt untuk kaki emitor dan 2,5 volt untuk kaki basis untuk colector terhubung dengan ground ( ini posisi tanpa terhubung ke kaki basis transistor EW ) .

ini tampilan transistor tersebut :

transistor-smd

Sebagai pengganti disini kita menggunakan transistor type S8550 dan inilah setelah kita pasangkan di mainboard :

mainboard-tv-sanyo

Hasil akhir yang kita dapatkan Alhamdulillah tv sanyo kini sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment