Wednesday, November 25, 2015

TV SAMSUNG 29 FLAT SLIM SUSAH START


Kerusakan:
Kasus kerusakan yang terjadi adalah tv sangat susah untuk start up, jika masih kondisi dingin paling hanya terlihat lampu indikator yang agak berkedip dan satu lagi kita juga bisa dengar seperti ada suara jangkrik dari dalam televisi.

Varian komponen yang digunakan sudah makin canggih, ic sudah model 1 paket semuanya tersusun rapi didalamnya. Sebelum kita mulai pemeriksaan , kita lihat dulu model mainboardnya :

mainboard-tv-samsung

Susah start biasanya terjadi karena tegangan supply yang tidak stabil, dan memang secara umum jika rangkaian yang digunakan model standar mungkin tidak rumit untuk dilakukan pemeriksaan. Capasitor serta Transistor area regulator menjadi acuan untuk dilakukan pemeriksaan. Tegangan supply untuk sistem control menggunakan besaran 3,3 volt dengan model 2 lapis. 2 lapis disini memakai Dioda dengan supply yang berlainan ini kita dapatkan setelah kita lakukan pembacaan jalur.



Perbaikan:
Untuk memudahkan pelacakan maka kita coba hidupkan tv dan segera kita lakukan pengukuran dengan multitester, posisi persis di area supply tegangan 3,3 volt dan memang benar permasalahan timbul dari area ini karena tegangan yang terukur hanya 3 volt. 0,3 volt saja membuat sistem control tidak berfungsi alias err dan penyebabnya tidak lain karena Dioda yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Posisi Diodanya bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-samsung-dioda-


Tegangan 3,3 volt didapat dari supply 4,2 volt dan dipasangkan dioda, ini untuk supply awal saat tv dalam kondisi standby, sesaat tv kita hidupkan maka tegangan ini disupply lagi dengan 1 dioda dan 1 resistor dengan supply tegangan 5 volt. Kini setelah kita pasangkan dioda baru tv samsung sudah berfungsi lagi dengan normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment