Wednesday, November 4, 2015

TV POLYTRON MX 5205R TAMPILAN BLANK PUTIH


Kerusakan:
TV Polytron MX5205R jika kita hidupkan tidak ada gambar maupun suara yang terlihat hanya warna putih dan tidak penuh disisi kanan dan kirinya, seperti ini tampilannya :

polytron-mx5205r

Model TV Polytron :
model-tv-polytron-mx5205r

Perbaikan:
Sebelum kita lakukan pemeriksaan sedikit informasi tv ini sudah dari bengkel , jadi sedikit timbul kecurigaan ada masalah di IC CHROMA + CONTROL sehingga terjadi kerusakan seperti ini. Awal saat kita buka tv memang sudah banyak meninggalkan bekas solderan di papan PCB dan ini ada di area PSU bagian sekunder, jadi pemeriksaan di alokasikan disini oleh teknisi tersebut dan sayangnya tetap tidak membawakan hasil yang diinginkan. Saatnya kita mulai investigasi dengan cara mengukur beberapa titik tegangan utama untuk sistem control ( MCU ) dan ini bernilai tegangan 5 volt. Sitem regulator yang digunakan adalah 2 model yaitu ,

Standby 7 volt masuk ke regulator jadi 5 volt untuk sistem MCU
On 35 volt masuk ke regulator jadi 5 volt untuk sistem MCU
mainboard-tv-polytron-mx5205r

Untuk sistem regulator disini menggunakan dioda zener 5,6 volt serta dipasangkan resistor 1kΩ dari tegangan supply 7 volt atau up 35 volt saat tv hidup ( on ) dan untuk output digunakan transistor . Saat kita ukur tegangan terukur hanya 3 volt yang seharusnya 5 volt , ini kita ukur di kaki ic eeprom no 8. Karena hanya 3 volt tegangan yang masuk ke MCU maka kita coba selidiki dengan mengurut ke area terkait dan ternyata resistor SMD yang menjadi biang keladinya , disini kita gantikan dengan model SMD juga nilai 1 kΩ .

Setelah kita gantikan resistor tersebut kini tegangan supply untuk MCU sudah normal yaitu 5 volt, sesaat kita tekan tombol remote dan tv polytron sudah bisa hidup tapi selang 30 menit mendadak mati lagi dan kita ukur ulang tegangan menjadi 4 volt yang seharusnya 5 volt, dan penyebabnya adalah capasitor untuk filter tegangan 7 volt up 35 volt. Kenapa kok bisa demikian ? Setelah kita selidiki capasitor yang terpasang mempunyai tegangan kerja 25 volt dan ini sudah bekas gantian teknisi lain dan langsung kita gantikan dengan nilai 1000uf/35 volt.

Alhamdulillah selesai sudah proses perbaikan yang kita lakukan, kini tv polytron sudah kembali normal.



No comments:

Post a Comment