Friday, November 20, 2015

TV POLYTRON FLAT SLIM 21 MATI STANDBY


Kerusakan:
Tv Polytron flat slim jika kita hidupkan hanya lampu indikator saja yang terlihat menyala, CRT tidak ada tampilan apa-apa .

mainboard-tv-polytron-flat-

Perbaikan:
Pemeriksaan untuk kasus ini ada di area B+ 115 volt untuk supply FBT hal ini terkait karena kita lihat lampu indikator yang terlihat menyala saat awal kita hidupkan televisinya. B+ 115 volt untuk area ini terhubung dengan 1 buah resistor 6,8ohm  dengan daya 5 watt, dan saat kita lakukan pengukuran jalur terjadi lepas di kaki resistor ini ( solderannya ). Lebih jelas kita lihat posisi resistornya , ada pada gambar berikut :

Resistor-mainboard-tv-polyt

Untuk memperbiki ini sangat mudah , caranya dengan melepaskan resistor ini dan mengerik kakinya supaya timah solder bisa menempel dan satu lagi membersihkan lem yang ada di area ini. Jika lem tidak dibersihkan usaha resolder akan mengalami hambatan dan pastinya timah tidak menempel dengan sempurna.  Setelah selesai proses ini maka tahap lanjutan adalah mengganti capasitor 1 uf/50 volt untuk sistem protek, hal ini sangat dibutuhkan karena akan memperpanjang umur pemakaian televisi, sekalian di servis jadi sedikit memanjakan konsumen. Kini televisi Polytron sudah berfungsi kembali seperti sedia kala, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar tidak ada halangan sedikitpun.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment