Monday, November 23, 2015

TV PANASONIC TC5166 MATI TOTAL




Kerusakan:
Tv Panasonic jika kita coba hidupkan cuma terdengar suara cuitan, tv sama sekali tidak ada tampilan gambar apalagi suaranya.

Model Tv Panasonic :

model-tv-panasonic



Perbaikan:
Pemeriksaan awal kita lakukan di area horizontal karena jika transistornya shot pasti akan terjadi cuit, sebenarnya suara cuit itu timbul karena ada komponen yang shot yang poin utamanya ada di output tegangan PSU/power supply unit . Main unit tv panasonic untuk type ini mempunyai sistem PSU agak berbeda, tidak sama seperti PSU pada umumnya. Sistem protek memakai SCR untuk output B+ dan satu lagi dalam posisi off output B+ terhubung dengan Ground karena adanya Relay. Jadi agak membuat repot saat kita lakukan pemeriksaan, kenapa demikian ? kita mesti lepaskan 1 persatu komponen yang terhubung di jalur B+ .

Hasil yang kita dapatkan untuk jalur B+ tidak ada satupun komponen yang mengalami kerusakan, maka kita lanjutkan ke area lain yaitu untuk sistem control. Hasilnya posistif dioda pembatas tegangan / dioda zener mengalami shot, jadi dioda ini sebagai penyebab utama kerusakan. Posisi di main unit dioda zener :

mainboard-tv-panasonic-diod

Sebelum kita pasangkan dioda pengganti sebaiknya kita gantikan capasitor 47uf/50 volt di area primer PSU, ini ada kaitannya dengan putusnya dioda zener. Posisi capasitor di main unit :

main-unit-PSU-tv-panasonic

Setelah kita gantikan 2 capasitor dan 1 dioda , Alhamdulillah kini tv Panasonic sudah normal kembali.






sumber:

No comments:

Post a Comment