Saturday, November 7, 2015

TV PANASONIC TC-21Z88JS START TROUBLE


Kerusakan:
Tv Panasonic tc21z88js jika kita coba hidupkan , lampu indikator berubah warna dari merah ke hijau dan jika kita coba berkali-kali terkadang dilayar monitor kita melihat hanya ada garis horizontal.

Model Tv Panasonic :
model-tv-panasonic


Perbaikan:
Rangkaian elektronik jika terjadi kerusakan ? Bagian awal yang harus kita periksa adalah rangkaian catu daya ,seperti kasus kerusakan yang sedang kita coba perbaiki kali ini”  kita memulai dari bagian catu daya ( power supply unit ) . Output Power supply unit ( PSU ) yang digunakan untuk sistem control adalah 5 volt dan untuk sistem tegangan tinggi adalah 105 volt. Tegangan output untuk tegangan tinggi dibuat drop ( 60 volt ) saat posisi standby dan bila kondisi hidup baru tegangan menjadi normal yaitu 105 volt. Saat lampu indikator berubah warna dari merah ke hijau kita kita ukur tegangan 105 dalam kondisi normal, jadi kita lakukan pengukuran untuk output PSU yang lain yaitu output 8 volt yang digunakan untuk supply H-VCC ic chroma.

Hasil yang kita dapatkan hanya terukur 5 volt ?  jadi disinilah letak permasalahannya , capasitor filter dengan nilai 470uf/35 volt mengalami kekosongan dan ada 2 jumlahnya. Tegangan 8 volt didapat dari IC 7808 , input untuk ic ini saat sebelum penggantian capasitor terukur 7 volt dan setelah penggantian menjadi 12 volt. Posisi capasitor di mainboard :

mainboard-capasitor-filter

Setelah penggantian capasitor kini kita coba hidupkan tv panasonic-nya ? Hasilnya Alhamdulillah semuanya sudah kembali normal.



Poin ” sistem load data terjadi hang karena tegangan kerja terjadi penurunan,,






sumber:

1 comment:

  1. Terima kasih. sudah saya coba, dan berhasil hidup tv nya.

    ReplyDelete