Friday, November 13, 2015

TV LED SAMSUNG UA22F5000AM INDIKATOR KEDAP-KEDIP


Kerusakan:
LED SAMSUNG – UA22F5000AM jika kita masukkan aliran listrik dan kita coba hidupkan melalui tombol panel hanya terlihat lampu indikator saja yang berkedap-kedip, layar LCD sama sekali tidak ada tampilan gambar.

Model LED SAMSUNG :

model led samsung



Perbaikan:
Awal pemeriksaan kita lakukan pada rangkaian Power Supply Unit ( PSU ) , untuk mempermudah pemeriksaan cara termudah dengan memberikan beban di line out PSU. Tegangan yang dikeluarkan adalah 12 volt jadi kita gunakan lampu 12 volt dengan daya 25 watt, hasil yang kita dapatkan lampu bisa menyala dengan terang . Dengan hasil ini bisa kita nyatakan PSU berfungsi dengan normal jadi kita mesti lanjutkan pemeriksaan ke area Mainboard.

Tampilan mainboardnya :

mainboard-led-samsung

Kita coba lagi masukkan aliran listrik dan line out PSU kita pasangkan ke mainboard , dan berikutnya kita coba ukur tegangan PSU dengan multitester hasilnya tegangan terukur normal lalu drop begitu seterusnya. Disini kita mengalami sedikit kesulitan untuk memblok area mana sebenarnya letak kerusakan dikarenakan komponen yang digunakan model SMD. Timbul ide untuk menggunakan PSU bukan dari bawaan melainkan memakai Adaptor dan hasilnya komponen yang rusak menjadi terlihat. Terlihat disini karena bodynya menjadi hangus dan komponen tersebut adalah capasitor dengan bentuk SMD. Dampak lain dari percobaan ini adalah IC Switch menjadi rusak dan untuk penggantinya kita gunakan dari IC Switch yang ada di mainboard laptop rusak ( cari yang copotan )

Posisi capasitornya :

backlight-area-Led-samsung



Penggantian capasitor kita gunakan nilai 47uf/16 volt dan ini berada di area filter untuk fungsi pencahayaan ( backlight LED ) , Setelah kita pasangkan capasitor kini kita coba lagi hidupkan LED SAMSUNG ? hasilnya Alhamdulillah semuanya kembali normal.






sumber:

No comments:

Post a Comment