Thursday, November 5, 2015

TV LCD SAMSUNG LA26D400E1 NO SIGNAL


Kerusakan:
LCD TV SAMSUNG LA26D400E1 jika kita hidupkan hanya terlihat raster saja dilayar LCD-nya , sistem penerimaan sama sekali tidak berfungsi ini kita ketahui setelah kita coba untuk auto scan tuning.

Model LCD TV SAMSUNG :

model-lcd-tv-samsung-LA26D400E1

Perbaikan:
Langkah awal kita mulai pemeriksaan dengan mengadakan pengukuran dibeberapa titik dan ini berada di area Tuner, kerap kali gejala kerusakan ada dibagian ini. Tegangan kerja di Tuner ini adalah 5 Volt dan untuk koneksi menggunakan sistem data, yang agak sedikit merepotkan adalah karena kita tidak mempunyai diagram jadi mesti mengurut jalur untuk mengetahui pinout Tuner tersebut. Ada sedikit keterangan fisik yang bisa kita lihat di mainboard yaitu capasitor filter model smd berwarna hitam ( terjadi konslet ) kemungkinannya, kita angkat capasitor tersebut dan kita urutkan jalur dan ternyata ini terhubung ke area Tuner.

Tuner yang digunakan setelah kita angkat dari mainboard seperti ini tampilannya :

tuner-lcd-tv-samsung-LA26D400E1

Setelah kita cek Tuner diagram ternyata sistem VT didapat dari mainboard , biasanya tegangan itu sudah build-in didalam Tuner ( untuk type yang agak baru ) jadi hasil analisa kita capasitor smd yang hangus tadi berfungsi sebagai filter tegangan 32 volt. Untuk memudahkan kita coba berikan tegangan kerja 12 volt di pin 6 Tuner dan kita hidupkan lalu masuk present ( auto tuning ) , hasil yang kita dapatkan adalah Tuner bisa menangkap beberapa chanel untuk frekuensi bawah untuk frekuensi atas tidak bisa ( ini karena tegangan kerja tidak sesuai harusnya 32 volt ) . Pekerjaan berikutnya adalah mencari penyebab tegangan 32 volt tidak tersedia dan hasil yang kita dapat adalah IC bentuk smd mengalami kerusakan, dan untuk masalah ini kita mesti lakukan modifikasi karena suku cadang sangat susah dicari penggantinya.

Tampilan IC untuk fungsi step up 5 volt ⇒ 32 volt :

IC-step-up



Kini kita buatkan sistem step up tersendiri untuk supply tegangan 32 volt,, kita gunakan supply tegangan 12 volt dan kita buatkan rangkaian sederhana dengan memakai kumparan dan 2 transistor dan untuk output kita pasangkan dioda dan filter 1 capasitor. Tegangan output yang kita dapatkan dari rangkaian sederhana ini adalah 24 volt lalu kita hubungkan ke Tuner.

Tampilan rangkaian step up :

rangkaian-step-up

Kini kita lakukan lagi proses auto scan dan hasil akhirnya Alhamdulillah sistem penerimaan sudah kembali normal ( semua chanel sudah bisa diterima dengan baik , kanal bawah dan atas ) . Untuk memastikan kekuatannya kita coba hidupkan selama 2 jam dan kita lihat sistem penerimaan bekerja dengan baik , saatnya rapi-rapi pasangkan casing penutup bagian belakang….. selesai sudah perbaikkan yang kita lakukan.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment