Saturday, November 14, 2015

TV LCD POLYTRON PLM3219 MATI TOTAL


Kerusakan:
LCD TV POLYTRON PLM3219 saat kita coba hidupkan , terlihat tidak ada tanda-tanda kehidupan” lampu indikator tampak tidak menyala.

Model LCD TV POLYTRON :

model-lcd-polytron-plm-3219



Perbaikan:
Untuk memulai perbaikan maka bagian awal yang mesti kita periksa rangkaian PSU ( Power supply unit ),, area filter menjadi acuan utama yaitu komponen Capasitor”  sayangnya semua capasitor masih kondisi bagus, tidak tampak perubahan fisik. Memang tidak selalu perubahan fisik menjadi tanda kerusakan capasitor, terkadang dengan fisik baik bisa saja capasitor itu telah rusak . Ketelitian sangat diperlukan untuk yang satu ini, untuk mempermudah kita mesti gunakan alat bantu ? ESR ( Equivalent Series Resistance ) namanya. Kita lanjutkan pemeriksaan , kali ini aliran listrik kita masukkan dan kita lakukan pengukuran di area primer PSU.

Tampilan PSU-nya :

PSU-LCD-POLYTRON-PLM3219

Hasil yang kita dapatkan saat pertama kali aliran listrik masuk , output sekunder PSU sempat terukur tegangan 10 volt dan tak lama langsung drop secara perlahan ( seharusnya tegangan di jalur ini adalah 5 volt ) . Dan di area primer kita ukur tegangan berdenyut ( turun-naik ) , lokasinya persis di B-up  IC Switching. Setelah kita ukur ternyata capasitor filter dengan nilai 22uf/50 volt yang menjadi penyebab utama kerusakan. Setelah kita ganti dengan nilai 47uf/50 volt , hasilnya Alhamdulillah sistem PSU sudah kembali normal. Kita masukkan PSU ke Sasis dan kita hubungkan semua soket yang ada dan kita masukkan aliran listrik, tekan tombol power via remote ? LCD POLYTRON PLM3219 sudah kembali nomal.

Posisi capasitor 22uf/50 volt di PCB :


psu-lcd-polytron-plm3219-sw


No comments:

Post a Comment