Sunday, November 15, 2015

TV LCD LG 32LK450 HIDUP MATI SENDIRI


Kerusakan:
LCD TV LG 32LK450 jika kita hidupkan pertama kita lihat normal ( ada gambar serta suara ) , tapi tidak lama kemudian mulai terjadi permasalahan yaitu tv mulai hidup lalu mati lalu hidup lagi ” begitu seterusnya.

Model LCD TV LG :

model-lcd-tv-lg-32lk450



Perbaikan:
Permulaan pemeriksaan kita lakukan di area PSU ( power supply unit ) , seperti biasa kita lihat saja dulu apakah ada Capasitor/ ELCO yang melendung ( kembung ) dan ternyata semua Capasitor baik-baik saja. Untuk tahap lanjutan kita coba masukkan aliran listrik dan kita lakukan pengukuran , tegangan untuk sistem logic sampai dengan tegangan untuk sistem backlight. PSU ( power supply unit ) untuk area logic terukur normal dan untuk area backlight terlihat ada kejanggalan, tegangan saat awal normal yaitu 24 volt dan 12 volt lalu tak lama kemudian mulai terjadi drop lalu full lagi. Tampilan PSU LCD TV LG 32LK450 :
PSU-LCD-TV-LG-32LK450

IC-L6599AD-DRIVER-PSU-LCD-T

Setelah selesai maka kita vonis IC L6599AD sebagai penyebab kerusakan, ic ini sebagai driver control untuk sistem PSU area backlight dan audio. Sayangnya perlu waktu untuk mendapatkan ic ini , ditempat kita tidak ada maka kita pesan diluar. Setelah sampai kurang lebih 2 minggu maka langsung kita pasangkan dan hasilnya alhamdulillah PSU untuk tegangan 24 volt dan 12 volt sudah normal kembali, LCD TV LG 32LK450 telah sembuh penyakitnya .






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment