Tuesday, November 24, 2015

MEMASANG PSU UNTUK TV LCD LG 32LK331




Kerusakan:
LCD TV LG 32LK331 dalam kondisi mati-total , sama sekali tidak ada tanda-tanda kehidupan.


Perbaikan:
Untuk mengetahui kiranya ada dibagian mana penyebab kerusakan segera kita buka LCD TV-nya, ternyata sudah tidak komplit isinya. Rangkaian PSU/ power supply unit sudah tidak ada, pantas saja jadi mati-total, dan untuk memperbaiki ini tentunya mesti beli 1 modul. Ada sedikit kesukaran mengingat kita tidak mempunyai contoh PSU jadi kita coba browsing via Google dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga.

Contoh-PSU-LCD-TV-LG

Untuk contoh PSU memang kita sudah dapat yang mesti kita ketahui adalah besarnya PSU apakah nantinya sesuai dengan posisi di rangka saat kita pasangkan. Untuk yang satu ini caranya hanya dengan mengukur panjang dan lebar posisi baut, kita menggunakan media timah solder biar simpel. Harga PSU dalam kisaran 400-450 ribu, dan poin utamanya adalah menyamakan output dari PSU dengan kebutuhan Logicboard.

Untuk type Logicboard yang digunakan membutuhkan supply tegangan 3,5 volt dan 24 volt jadi ini harus sama jangan sampai salah, akan sangat fatal bila itu sampai terjadi. LCD TV LG ini memang sudah dari bengkel servis jadi agak sedikit cemas apakah akan berjalan lancar bila kita pasangkan PSU baru. Alhamdulillah setelah kita pasangkan PSU baru semuanya berfungsi dengan baik, tidak ada  masalah baru.
PSU-LCD-TV-LG-di-panel

Untuk kasus seperti ini mungkin tidak susah karena tinggal beli 1 modul, hanya sedikit pengetahuan yang mesti kita ketahui yaitu pastikan tegangan output PSU sesuai dengan kebutuhan Logicboard, di papan PCB bisa dengan jelas kita lihat poin-poinnya.






sumber:

No comments:

Post a Comment