Saturday, November 28, 2015

KERUSAKAN BAGIAN VERTIKAL PADA MESIN TV CHINA


Mainboard tv cina memang semakin merajahi hampir 70 persen , mengapa bisa begitu ? Alasannya ya karena harganya yang murah dan hasilnya yang pasti jadi. Kiat -kiat perbaikan memang untuk saat ini banyak mengandalkan mainboard buatan cina, ini biasa dilakukan ya karena susah mencari suku cadang pengganti. Kalau buat kita secara pribadi tidak selalu terlalu mengandalkan hal ini , terkecuali jika kita hitung-hitungan harga maksimal tidak efesien/ kemahalan.


Kerusakan:
Sedikit berbagi , kali ini kita menemukan servisan yang kebetulan mainboard tv cina dengan problem dibagian vertikal. Hampir secara keseluruhan sudah kita lakukan pemeriksaan, tegangan supply diukur juga baik yaitu 24 volt dan ic vertikal juga sudah diganti. Tv ini sudah dari tukang sevis lain jadi bisa kita lihat apa-apa saja yang sudah diganti, hampir semua area yang ada di sistem vertikal sudah diganti cuma tetap tidak membawa hasil.


Perbaikan:
Tegangan output untuk yoke terukur 24 volt , ic vertikal menggunakan type LA78045 dan dari hasil pengukuran ini bisa kita pastikan ic vertikal tidak ada masalah/ bagus-bagus saja. Jadi pemeriksaan kita lakukan di area vertikal out disini ada Capasitor 1000uf/50volt dan beberapa Resistor. Dan waktu kita lakukan pengukuran Resistor barulah kita dapatkan 1 Resistor sudah rusak, nilainya 33K ohm. Posisi di mainboard Resistor yang kita maksud bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-cina

Setelah kita lakukan penggantian kini sistem vertikal sudah kembali berfungsi, memang banyak hal yang bisa menyebabkan kasus kerusakan seperti  ini tapi untuk yang satu ini mungkin sangat jarang terjadi karena secara umum biasa disebabkan rusaknya ic vertikal. Membiasakan membaca diagram menjadi solusi paling utama untuk memecahkan persoalan seputar rangkaian elektronik







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment