Wednesday, October 21, 2015

TV SHARP 51ZF500MSL TOMBOL TIDAK FUNGSI


Kerusakan:
Televisi SHARP 51zf500msl jika dihidupkan pada awalnya terlihat normal ( suara dan gambar ada ) , namun setelah 15 -30 menit mulai susah untuk di control . Fungsi volume dan lain-lain terlihat tidak berfungsi, hanya terlihat tampilan perintah di layar monitor ( OSD ) tanpa ada reaksi ke sistem penerimaan .

Model televisi SHARP :

model-tv-sharp

Perbaikan:
Kerusakan seperti ini merupakan hal baru buat saya , maksudnya baru pernah nemui dan sedikit merepotkan untuk mencari biang keladinya. Saya coba menerka dari gejala yang terjadi, seperti terjadi hang saat temperatur mulai naik ( panas ) . Saya mulai dengan mengukur tegangan di pinout IC MEMORY untuk fungsi DATA ( SDA ) ,proses ini yang memakan waktu karena saya mesti nunggu timbulnya masalah tersebut. Setelah 30 menit akhirnya baru saya ketahui , prob multitester yang saya tempelkan di pinout DATA ( SDA ) mendadak drop tegangannya ( tersisa 0,4 volt ) . Senang melihat kejadian ini , permasalahan mulai terang dan mudah-mudahan bisa terselesaikan dengan
segera .

Tampilan gambar saat saya lakukan pengukuran dengan multitester :
mainboard-tv-sharp
Saatnya saya matikan televisi SHARP-nya dan saya keluarkan mainboard dari kerangka plastik , tegangan yang drop setelah saya telusuri  didapat dari resistor SMD ( lokasi dibawah PCB ) yang terhubung ke supply tegangan 5 volt . Nilai resistor pengganti saya gunakan nilai 4K7 dengan model standar, seperti ini setelah saya pasangkan :
mainboard-tv-sharp-bawah
Ini masih perkiraan saya saja dan masih tersisa pertanyaan, apakah dengan penggantian resistor tersebut nantinya televisi akan menjadi normal. Untuk mengetahui mesti dicoba , karena televisi yang rusak ada 2 unit jadi ada kesempatan untuk lakukan tester selama 45 menit. Hasil akhir dari perbaikan yang saya lakukan memang benar adanya, hanya resistor 4k7 yang menjadi biang keladi dan sampai saya tuliskan artikel ini televisi masih normal-normal saja.

Mengira tidak selalu tepat pada sasarannya jadi mesti teliti , Alhamdulillah kerusakan dapat saya perbaiki dan mungkin ini dapat menjadi acuan bagi yang memerlukannya, semoga bisa bermanfaat







sumber:

No comments:

Post a Comment