Friday, October 9, 2015

TV SHARP 25N42-E1 MATI-TOTAL


Kerusakan:
Televisi Sharp dalam kondisi matot/mati-total, jika kita coba hidupkan cuma terdengar suara bercuit tak lama kemudian hilang suara cuit-nya.

Model Televisi Sharp  :

Model televisi sharp

Perbaikan:
Walaupun televisi ini keluaran lama, secara rangkaian sudah terbilang canggih untuk di zaman-nya. Timbulnya suara cuit dari televisi ini di sebabkan adanya komponen yang shot, Power supply sudah di lengkapi oleh pengaman jadi apabila ada pemakaian tegangan yang berlebihan membuatnya memutuskan sementara pemberian kepada rangkaian tersebut.

Yang jadi pertanyaan dimana letak komponen yang menggalami kerusakan, untuk tahap awal bisa kita cek Transistor pada bagian Horizontal, coba dilepaskan komponen tersebut dan mengukurnya dengan multitester. Cara pengukuran bisa kita pakai rumus Prob hitam pada Colector Transistor sedangkan Prob merah pada kaki Basis maupun Emitor. Apabila jarum pada multitester bergerak itu sudah bisa kita pastikan Transistor sudah rusak.
Pada televisi ini menggunakan Transistor type C3886A, tampak seperti ini:

Transistor Horizontal 2SC3886A

Dari hasil pengukuran memang positif rusak, jadi harus diadakan penggantian untuk ini. Sebelum kita ganti dengan Transistor yang baru sebaiknya kita tes dahulu tegangan supply B+ nya disini kita ukur besarnya 125 volt. Kenapa mesti diukur? ini untuk memastikan tegangan supply masih normal jika tegangan tidak normal akibatnya Transistor yang baru kita ganti bisa rusak kembali Dalam kasus kali ini penyebab utamanya tidak lain karena lemahnya transistor itu sendiri mungkin karena panas yang dihasilkan dalam waktu yang sangat lama.

Karena tegangan supply dalam kondisi baik, langsung kita ganti saja dengan transistor yang baru. Tetapi transistor pengganti kita tidak gunakan dengan sejenis/ sama melainkan menggunakan Transistor type D2580 . berikut tampak pada mainboard setelah proses pemasangan:

Transistor 2SD2580 di Mainboard

Selesai sudah semuanya sekarang saatnya untuk mencoba menghidupkan televisi” Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup kembali.





sumber:

No comments:

Post a Comment