Monday, October 26, 2015

TV SAMSUNG CS-29Z50MN MATI STANDBY


Kerusakan:
Televisi Samsung sc-29z50mn jika saya hidupkan hanya terlihat lampu indikator saja yang menyala,,, tampilan gambar maupun suara tidak keluar.

Model Televisi Samsung :
model tv samsung


Perbaikan:
Awal saya lakukan pengukuran di area horizontal. saya urutkan alur  sistem control horizontal yang akhirnya terhubung ke transistor , saya dapatkan hasil negatif ( IC CRHOMA ( H-out >>> Capasitor >>> Transistor ) semua komponen masih bagus. Selanjutnya saya periksa sistem feedback untuk control horizontal ( Colector FBT >>Capasitor>>> IC CRHOMA) dari FBT ada capasitor yang terhubung ke IC CRHOMA simbol (H Sync ) , saat televisi saya hidupkan hasil pengukuran dengan multitester ? pin H-Sync tidak ada tegangan inputnya ( supply dari FBT sinyal tegangan AC ).  Saya lepaskan soket yoke dari rangkaian dan saya masukan aliran listrik, hasilnya setelah listrik terpasang televisi bisa hidup tapi flyback ( FBT ) mengeluarkan suara noise. Transistor horizontal menjadi rusak karena pengetesan yang saya lakukan dengan temperatur alumunium pendingin sangat panas. Kerusakan ada di flyback ( FBT ) type FUH29A001V  Saat kita mau beli type ini lagi tidak ada dan yang ada type persamaan FQH29A003.

Flyback televisi samsung :
fbt asli



Flyback pengganti :
fbt samsung

Setelah saya lepaskan FBT lama dan kita pasangkan FBT baru , dan satu lagi pemasangan Transistor Horizontal baru dengan type 2SC4288A sebagai pengganti J6801. Alhamdulillah televisi SAMSUNG CS-29Z50MN sudah kembali normal.

Tampilan gambar ternyata kurang lebar, bagian horizontalnya, untuk melebarkannya saya masuk ke servis menu caranya :

Kondisi televisi standby , gunakan remote lalu tekan : [ display ] lalu [menu ] lalu [ mute ] lalu [ power on ]
Setelah masuk servis menu scrol menu lalu pilih option H-WIDTH , naikan value setting

Semoga bisa bermanfaat







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment