Thursday, October 15, 2015

TV POLYTRON PS30UV26RA MATI TOTAL


Kerusakan:
Tv Polytron PS30UV26RA saya hidupkan terdengar suara cuit dari dalam televisi, tidak ada tampilan gambar lampu indikatorpun tidak menyala.

Modelnya :

model-tv-polytron

Perbaikan:
Awal pemeriksaan dimulai dengan mengukur komponen transistor untuk fungsi horizontal, hasilnya positif transistor type 2SC6090 kondisinya rusak.

Lokasi transistor horizontal :

mainboard-tv-polytron1



Sebelum saya lakukan penggantian, saya lakukan pengukuran lagi diarea komponen pendukung horizontal, ada beberapa capasitor disini. Lokasi yang paling utama capasitor untuk Yoke out ( kalau dilihat kabel warna biru soket yoke-nya ), kerap kali bila terjadi kerusakan transistor horizontal karena ada masalah dikomponen ini.

Hasil yang didapatkan adalah positif, 2 capasitor mengalami kerusakan dengan nilai total 339 nF ( 300nF + 39nF ), langsung saya lepaskan kedua capasitor dan transistor horizontal.

Lokasi di papan PCB :

mainboard-tv-polytron

Pengganti capasitor yang rusak saya gunakan nilai 360nF dan untuk transistor horizontal saya gunakan type 2SC6092. Setelah selesai proses penggantian, saya hidupkan televisi Polytron PS30UV26RA , hasilnya Alhamdulillah semuanya telah kembali normal




Semoga bisa bermanfaat






sumber:

No comments:

Post a Comment