Saturday, October 31, 2015

TV POLYTRON MX 5205R GAMBAR TIDAK BISA KONTRAS


Kerusakan:
Tv Polytron mx5205r jika kita hidupkan tampilan gambar tidak bisa kontras walaupun setelan kontras sudah kita maksimumkan, suara normal-normal saja dan OSD kita lihat juga normal.

Model tv Polytron :

model-tv-polytron-mx5205r

Perbaikan:
Permasalahan seperti ini biasa terjadi karena sistem ABL ( auto bright limiter ) mengalami gangguan dan secara prinsipnya setiap rangkaian televisi adalah sama secara fungsi cuma beda dari penamaannya, contohnya di tv polytron ini. Di PCB kita melihat keterangan untuk ABL disitu tertulis BCL ( bright control limiter ) , dan kita mulai pemeriksaan  dari area sini. Contoh keterangan di PCB  tv polytron :

mainboard-tv-polytron-mx5205r-680x510

Dari FBT kita mulai urutkan jalur dan akhirnya bermuara di IC CRHOMA , komponen diarea sini satu persatu kita periksa ( dioda , capasitor , resistor ) dan kita tidak menemukan hal yang mencurigakan. Untuk mempersingkat waktu kita lakukan pengukuran dengan kondisi tv hidup, kita masukkan aliran listrik dan hasil pengukurannya ? Tegangan di FBT pin BCL terukur 10 volt , lalu di pin IC CRHOMA cuma terukur 2,4 volt . Untuk lebih mudah lagi kita lepaskan dahulu koneksi dari IC CRHOMA ( cukup lepaskan timah solder dari pcb dan pastikan sudah tidak terhubung dengan jalur yang ada  ), dan hasilnya tegangan berubah menjadi 4,2 volt dan tampilan gambar sudah terlihat normal walaupun ada sedikit gangguan karena sistem ABL tidak berfungsi.

Jadi lokasi sudah diketahui yaitu ada komponen yang menyebabkan tegangan ABL menjadi drop dan setelah kita telusuri lebih lanjut ternyata ada capasitor yang konslet dengan nilai 100uf/25 volt , posisinya dekat dengan Tuner ( sistem koneksi disini menggunakan kabel jumper ) .  Lebih detail bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-polytron-mx5205r-capasitor-area-680x510

Segera kita gantikan capasitor 100uf/25 volt dengan 100uf/50 volt dan hasil akhirnya , Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal. Saat kita tes lebih lanjut ternyata masih ada masalah di area control panel, fungsi yang keluar saat kita tekan key tidak sesuai . Untuk masalah ini cukup dengan mengganti beberapa switch , selesai sudah perbaikkan yang kita lakukan.





sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment