Saturday, October 10, 2015

TV POLYTRON MATI-TOTAL


Kerusakan:
Kali ini merk Polytron dimana keadaannya matot/mati-total. Kata yang punya” televisi mati sendiri ketika lagi di tonton.

model-nya tampak pada gambar berikut:

Model televisi polytron

Perbaikan:
Pertama sekali yang kita periksa Power supply-nya, dari hasil pengukuran disini kita mendapatkan tegangan B+ mengalami penyusutan dimana seharusnya 115 volt cuma ada 60 volt. Kemana sisanya sehingga hampir 50% tegangan supply menghilang? Ternyata tegangan di pakai oleh Transistor Horizontal dimana Transistor ini tidak shot secara keseluruhan, masih ada hambatan yang tersisa. Ini bisa kita rasakan kalau kita pegang Alumunium pendingin untuk Transistor Horizontal yang mengeluarkan hawa panas, padahal televisi tidak hidup.

Pada kebanyak kasus kerusakan yang dialami pada merk ini selalu meminta teman, maksudnya Transistor Horizontal tidak akan shot jika tidak ada komponen lain yang rusak , terutama pada komponen pendukung untuk sistem Horizontal-nya. Penyebabnya hanya ada 2 yaitu rusaknya playback atau mungkin juga rusaknya yoke Defleksi, untuk mengetahui letak persisnya komponen yang mengalami kerusakan bisa kita coba dengan mengganti dahulu Transistor Horizontal-nya, setelah bisa kita coba hidupkan televisi.

Disini ketika televisi mulai hidup ,tapi timbul suara jangkrik? Pada layar monitor sama sekali tidak ada gambar yang di tampilkan. Maka kita coba melepaskan soket yoke bagian horizontal, kita coba hidupkan kembali televisi hasilnya suara jangkrik-nya hilang, dan pada layar monitor tampak garis horizontal saja. Jadi sudah bisa kita pastikan Yoke Defleksi-nya rusak, sehingga membuat transistor horizontal-nya menjadi shot. Model Yoke Defleksi yang digunakan pada televisi ini tampak pada gambar berikut:

Yoke 1422 Televisi Polytron

Model yoke ini masih banyak di pasaran, Setelah mendapatkannya segera kita pasangkan pada leher CRT. untuk transistor yang mengalami kerusakan dimana sudah kita ganti, untuk type bawaan mainboard D2331 kita ganti dengan type D1778. Setelah semua tahapan perbaikan selesai kini saatnya untuk mencoba menghidupkan kembali televisi, Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup kembali.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment