Saturday, October 17, 2015

TV LG 21 LAMPU INDIKATOR NYALA SEBENTAR




Kerusakan:
TV LG ini kalau saya coba hidupkan,,, awal terlihat lampu indikator menyala tapi selang beberapa detik kemudian langsung padam kembali, berulang kali saya coba tetap saja demikian .

Perbaikan:
Langkah awal pemeriksaan dimulai dengan mengukur tegangan output B+ PSU ( power supply unit ) yang kearah FBT. Saat listrik saya masukan dan switch power kondisi on , tegangan terukur 125 volt dan sesaat kemudian mulai drop secara perlahan hingga menjadi 0 volt. PSU ini menggunakan ic STR W6754 , dan saya ukur tegangan B-up  di ic tersebut tegangan berdenyut ( turun-naik ) . Terpikir ic ini rusak dan coba lakukan penggantian , hasilnya sama saja ” tidak ada perubahan .
Beralih ke arah sekunder trafo,  di area B+ dengan tegangan 125 volt saya coba ukur tegangan yang tersedia dengan menggunakan multitester. Saat listrik saya masukan dan PSU hidup sesaat, area feedback tidak ada supply tegangan, jadi ini yang menjadi penyebab gagalnya PSU untuk bekerja. Kerusakan ada di komponen resistor dengan nilai 10k , dan disini saya gantikan dengan nilai 8k2 . Lokasi resistor ini berdekatan dengan ic TL431 , tampilan gambar mainboard :

feedback-control-psu

Dari hasil penggantian resistor, Alhamdulillah  PSU sudah berfungsi dengan baik ( normal ) .  Sedikit kisah perbaikan elektronik yang bisa di share hari ini, semoga bisa bermanfaat……. amiinn

Info: ada limiter control B+ adjust di ic STR W6754 supaya tidak timbul kerusakan karena tegangan berlebih , bilamana terjadi lose control di area sekunder trafo.








sumber:

No comments:

Post a Comment