Monday, October 19, 2015

TV LCD TOSHIBA 19HV10E GAMBAR WHITE SCREEN SEBELAH


Kerusakan:
LCD Toshiba kalau saya hidupkan terlihat gambar yang tampil di layar hanya setengah,, bagian kirinya bagus sedangkan sebelah kanan kadang mau kadang juga hanya white screen / garis-garis vertikal.

Contoh Kerusakan:

screen lcd toshiba trouble

Model LCD Toshiba :

model lcd toshiba

Perbaikan:
Kerusakan seperti ini dahulunya menjadi hal yang tidak terpecahkan oleh saya karena positif selalu berakhir panel screen yang harus diganti supaya semuanya bisa normal. Resiko yang harus diambil jika tetap memaksakan ya tanggung sendiri , kerusakan bisa saja terjadi di panel screen makanya saya selalu menolak jika dipaksakan untuk memperbaiki ini. Dengan adanya restu dari user maka saya lakukan perbaikan terhadap panel screen ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Buka panel screen , lepaskan semua board yang terpasang di body panel screen .
Setelah clean area belakang panel screen , ambil pencokel ( saya pakai pisau cutter )
Letakan disisi lapisan penutup screen , ada nok diarea tersebut.
Setelah terpisah nantinya akan terlihat kabel penghubung antara PCB dengan layar screen , ada 3 buah .
Tampilan gambar yang bermasalah ada di area kanan layar , penghubung kabel area kanan yang menjadi acuan untuk diperbaiki. Cara perbaikan cukup simpel yaitu dengan memanaskan komponen IC yang terpasang dikabel penghubung antara PCB dan layar screen , saya gunakan mata solder ( waktu hanya 5 detik ) . Tampilan IC tersebut bisa dilihat pada gambar berikut :

IC screen panel toshiba

Hasil akhir setelah proses pemanasan IC , Alhamdulillah tampilan gambar sudah kembali normal . Seperti ini :

lcd toshiba 19hv10e

Ada tambahan yang saya lakukan yaitu menambahkan pendingin untuk area kanan layar , terpikir masalah ini timbul karena panas yang hanya ada di area kanan layar (sistem backlight diarea ini ) .Saya pasangkan fan ( kipas kecil 12 volt ) sudah berikut sistem on-off via ic KIA78R12API , tampilan akhir PSU Toshiba :

psu toshiba with fan

Selesai sudah perbaikan yang saya lakukan , sedikit berbagi mungkin bisa bermanfaat.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment