Saturday, October 24, 2015

TV LCD SHARP LC-22L10M-GY SWITCH PANEL BERMASALAH


Kerusakan:
LCD SHARP LC-22L10M-GY saat saya coba hidupkan ” terkadang mau hidup dan terkadang juga susah , saat dia mau hidup saya melihat tampilan gambar dan suara normal tapi terlihat dilayar LCD OSD berubah-rubah pilihannya.

Model LCD SHARP :

model-lcd-sharp

Perbaikan:
Keypad panel menjadi fungsi yang sangat penting dalam proses navigasi , perubahan parameter berada dibagian ini dan menjadi induk bilamana remote control rusak. Permasalahan yang dialami televisi LCD SHARP ini berada dibagian ini dan untuk mengetahui komponen apakah yang mengalami kerusakan saya coba periksa switch panel. Switch panel ada beberapa buah dan untuk memudahkan saya gunakan multitester dengan batas ukur 1 k? . Kedua prob tester saya letakan di area kaki switch , masing-masing satu dan saya dapatkan adanya hambatan 22K?. Rupanya ada yang shot didalam switch untuk memudahkan switch mana yang buat shot saya gunakan solder ( panaskan via kaki switch ) .

Mainboard unit :

mainboard-lcd-sharp

Hambatan 22 k? yang saya dapatkan ini sudah terlepas dari sistem rangkaian MCU ( maksudnya sudah saya lepaskan karena sistemnya menggunakan soket ) Tampilan mainboard tampak pada gambar diatas . Switch yang rusak ternyata untuk fungsi power ( standby ) karena setelah saya panaskan kaki switch tersebut hambatan 22 k? langsung menghilang. Segera saya lepaskan switch yang rusak dan saya gantikan dengan switch standar ( kaki 4 yang sudah saya potong jadi 2 ) . Setelah selesai saya coba hidupkan dan hasilnya Alhamdulillah sistem keypad sudah kembali normal.

Model switch :

switch-panel

Proses yang saya tuliskan sangat simpel dan mungkin bisa mejadi pembelajaran bagi yang membutuhkan , segala pekerjaan yang dilakukan harus dibawa asik ( mudah-mudahan jadi cepat selesai ) .







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment