Tuesday, October 20, 2015

TV LCD SAMSUNG LA32S81B SUARA ADA LAYAR GELAP


Kerusakan:
Saat awal saya coba hidupkan LCD SAMSUNG terlihat gambarnya dengan normal cuma beberapa detik langsung gelap layarnya dan yang tersisa hanya suaranya saja .

Model LCD SAMSUNG :

model lcd samsung

Perbaikan:
Gejala Layar gelap dengan adanya suara mengindikasikan sistem penerimaan secara keseluruhan dalam kondisi baik dan terjadi masalah di area inverter hight voltage. Fungsi inverter hight voltage digunakan untuk menghidupkan lampu type neon ( CCFL ) , dan saat saya buka panelnya terhitung ada 16 buah terpasang didalamnya . Lampu neon bagian atas yang tidak nyala saat saya hidupkan pertama kali sedangkan yang lainnya menyala dengan normal , sempat terpikir kalau lampu tersebut rusak. Hasil percobaan dengan menggantikan lampu tersebut teryata tidak membawa hasil , lampu pengganti tetap tidak menyala. Dari hasil ini saya jadi dapat memastikan bahwasannya lampu tersebut tidak rusak dan kerusakan ada di rangkaian inverter.

Tampilan Blok inverter :

DSC_0203

Komponen yang menjadi acuan untuk diperiksa adalah trafo untuk hight voltage out , ada beberapa buah disitu dan fokus hanya di out untuk lampu CCFL yang tidak mau hidup. Hasil akhirnya memang trafo tersebut yang rusak untuk out 1 sedangkan out 2 masih normal. Untuk langkah perbaikan saya mengambil jalan lepaskan protek dari sistem feedback , cara ini saya ambil untuk mempersingkat waktu perbaikan. Komponen yang terpasang diarea protek adalah dioda model SMD , 3 kaki dan untuk posisinya bisa dilihat pada gambar berikut :

inverter area

Setelah saya lepaskan dioda tersebut maka sistem control tidak dapat membaca adanya kesalahan dan 1 lampu CCFL tetap tidak menyala tapi tidak menggangu lampu CCFL yang lainnya ( 15 ) . 1 lampu yang tidak nyala tidak berdampak kehilangan pencahayaan saat LCD saya hidupkan,, terlihat normal-normal saja . Jadi Alhamdulillah pekerjaan saya bisa terselesaikan , saatnya untuk merapikan . Sedikit coretan mungkin bisa bermanfaat,,, amiin.







sumber:

No comments:

Post a Comment