Saturday, October 10, 2015

TV LCD POLYTRON PLM24M60 GAMBAR BERGARIS-GARIS, SUARA NOISE


Kerusakan:
LCD POLYTRON PLM24M60 awal dihidupkan terlihat normal, tetapi selang beberapa menit mulai timbul suara noise di speaker ( prek-prek ) dan tak lama kemudian kondisi layar monitor menjadi bergaris-garis.

Model LCD-nya :

model-polytron-plm24m60

Perbaikan:
Saya mulai dengan melepaskan casing penutup , setelah terbuka maka terlihat mainboard control LCD yang berada disisi kanan sedangkan disisi sebelah kiri terlihat mainboard PSU. Kondisi capasitor di area PSU terlihat normal, tidak ada yang melembung ( pecah bagian atasnya ). Untuk mempermudah pemeriksaan maka LCD POLYTRON ini saya hidupkan dan setelah beberapa menit kemudian saya lakukan pengukuran tegangan dengan multitester. Tegangan kerja mainboard ada beberapa varian yang saya utamakan tegangan 2,5 volt dan 3,3 volt , lokasi supply tegangan ini didapatkan dari IC regulator. Tegangan input untuk IC regulator adalah 5,6 volt , type IC yang digunakan adalah AZ1117B ( 2.5 | 3.3 ).

Hasil pengukuran tegangan positif IC regulator mengalami masalah, tegangan output dari IC ini menjadi tidak stabil ( beriak / denyut ) sehingga system kerja mainboard utama menjadi terganggu. Untuk perbaikannya saya lakukan penggantian IC AZ1117B dan untuk lokasi di mainboard bisa dilihat pada gambar berikut:

mainboard-polytron-plm24m60


Hasil akhirnya , Alhamdulillah semuanya berjalan lancar  ” LCD POLYTRON PLM24M60 sudah normal kembali.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment