Sunday, October 11, 2015

TV LCD LG M2241AN MATI TOTAL


Kerusakan:
LCD LG ini kalau saya masukan aliran listrik dan saya tekan tombol power dipanel , tidak ada gambar yang bisa ditampilkan apalagi suaranya.

Modelnya :

model-lcd-LG

Perbaikan:
Awal pemeriksaan saya mulai dengan memasukan aliran listrik dan saya lakukan pengukuran tegangan out PSU , ini setelah saya lepaskan terlebih dahulu casing penutup area belakang LCD-nya. Tegangan output terukur berdenyut ( tidak stabil ) hanya 1,2 volt bergelombang dan kalau saya lepaskan jalur beban tegangan berangsur naik perlahan mendekati nilai 3 volt. Perkiraan awal berada di jalur filter B-up starting PSU area primer disini ada capasitor bernilai 33uf/25 volt dan setelah saya lakukan penggantian hasilnya tetap sama saja. Nilai capasitor pengganti saya gunakan nilai 47uf/50 volt, tampilan PSU-nya :

power-supply-lcd-LG

Saya mulai mengukur komponen penyearah area inverter dan sistem control , dan disini saya temukan hasilnya ? dioda untuk sistem control kondisinya baik dan untuk sistem supply inverter terjadi konsleting. Saya lepaskan jalur beban yang terhubung dengan melepaskan IC P605 setelahnya sistem supply area inverter terukur normal ( tidak konsleting ). Jadi permasalahannya ada di IC P605 , untuk menyelesaikan saya coba cari informasi via search engine Google. Ini sangat diperlukan untuk mengetahui type komponen apa yang ada didalam IC P605, akhirnya saya dapatkan walaupun hanya tampilan depan saja yang bisa dilihat datasheet-nya, seperti ini gambarnya :

datasheet-ic-p605
datasheet P605


Tampilan IC P605 :

ic-p605

Didalam IC P605 hanya terpasang 2 transistor type Fet dengan dua model ( N-channel dan P-channel ) dan sangat jelas kalau saya lihat susunan pinout via gambar diatas , untuk melengkapi saya carikan diagram lain untuk mengetahui pinout transistor N-channel , seperti ini tampilannya :

diagram-fet-type-N

Secara keseluruhan setelah saya pasangkan transistor tersebut di PCB PSU unit area inverter , urutannya :

N-channel ⇔ pin IC P605

pin 1 ic p605 untuk kaki transistor source ( jalur ground di PCB );
pin 2 ic p605 untuk kaki transitor gate ( jalur triger via ic control );
pin 7 dan 8 ic p605 untuk kaki transitor drain ( jalur out ke trafo );

P-channel ⇔ pin ic p605

pin 3 ic p605 untuk kaki transistor source ( jalur B+ 12 volt dari power supply );
pin 4 ic p605 untuk kaki transistor gate ( jalur triger via ic control );
pin 5 dan 6 ic p605 untuk kaki transistor drain ( jalur out ke trafo )
Tampilan gambar setelah terpasang :

inverter-area

Setelah transistor ini terpasang saya lakukan ujicoba , saya masukan aliran listriknya ? hasilnya LCD LG ini sudah bisa hidup, tampilan dilayar sudah terlihat. Masih tersisa masalah rupanya, saat saya arahkan fungsi via control panel, yang terlihat hanya OSD ( fungsi ini saat ini tidak tersedia ) dengan kondisi tampilan juga ikut terganggu ( distorsi ). Saya coba ukur lagi tegangan yang ada di mainboard dan yang saya cari area tegangan 1,2 volt karena saya akan gantikan capasitor filternya.

Nilai yang digunakan adalah 10uf/16 volt , dan yang saya gantikan dengan nilai 100uf/16 volt , tampilan gambarnya :

mainboard-lcd-LG

Inilah hasil akhirnya setelah proses panjang yang harus lakukan, Alhamdulillah semuanya sudah normal kembali

lcd-lg

Inilah sedikit cerita servis yang saya lakukan, semoga bisa bermanfaat……. amiinnn








sumber:

No comments:

Post a Comment