Monday, October 12, 2015

TV CHINA GAMBAR ADA SUARA TIDAK ADA


Kerusakan:
Televisi kita hidupkan , yang ada cuma gambarnya saja sedangkan suaranya sama sekali tidak ada. Kita coba tunggu beberapa saat apakah suara bisa keluar? hasilnya sama saja. 

Pemeriksaan:
Cara pemeriksaan untuk kasus ini bisa kita mulai dengan memeriksa Tegangan supply untuk rangkaian amplifier, Biasa untuk mainboard televisi cina memerlukan tegangan 20 volt. Setelah kita periksa ternyata tegangan supply ada, tetapi kenapa suara tidak bisa dikeluarkan dari amplifiernya? Untuk ini kita coba periksa amplifier pada mainboard, disini menggunakan IC LA 4285.

Kerusakan IC tidak selalu menimbulkan efek pada body-nya, biasanya kita mungkin sering melihat body IC yang hangus maupun pecah. Dalam kasus yang kita sedang perbaiki tidak seperti biasanya, dimana secara fisik tidak menggalami perubahan, alias bagus-bagus saja. Untuk memudahkan proses perbaikan sebaiknya kita cek dalam keadaan televisi hidup-

Disini kita hidupkan televisi, kemudian kita ukur tegangan keluaran dari IC LA 4285 untuk output speaker dimana menggunakan Capasitor sebagai jembatannya. Dari hasil pengukuran kita tidak menemukan adanya tegangan pada fungsi ini, Jadi sudah jelas IC memang sudah mengalami kerusakan pada rangkaian dalamnya.

Kita bisa juga menggunakan multitester untuk mengukur IC LA 4285 caranya dengan menempelkan prob hitam pada body IC bagian atas dan prob merah pada kaki-kaki IC. Jika IC masih bagus hasil pengukuran menunjukan seperti kita mengukur dioda, ini berlaku untuk beberapa kaki-kaki IC. Jika kita ukur hasilnya shot itu menandakan fungsi ground untuk IC tersebut.

Tampak pada mainboard IC LA 4285 setelah diadakan penggantian, bisa dilihat pada gambar berikut:

IC LA 4285


Saatnya untuk mencoba menghidupkan televisi? Alhamdulillah suara televisi sudah kembali normal.






sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment