Wednesday, October 28, 2015

SOLUSI KERUSAKAN PSU LCD SHARP AQUOS


Kerusakan:
PSU ( power supply unit ) yang sedang saya coba perbaiki , kali ini milik LCD AQUOS 32 dengan kasus tidak ada tegangan output  ( Output Trouble ) . Tegangan jala-jala terukur normal yaitu 310 volt kurang-lebih dan Transistor FET untuk switching final juga dalam kondisi bagus, hasil diagnosa terakhir saya dapatkan IC driver yang mengalami kerusakan yaitu type  FAN6754MR . 


Perbaikan:
Biasanya saya menggantikan ic yang rusak dengan versi yang sama , cuma untuk kali ini saya menggantikannya dengan media driver lain yaitu dengan memakai GACUN. Cara ini saya gunakan karena ic tersebut masih dalam perjalanan ( saya sedang order via online ) sedangkan yang punya minta cepat-cepat diperbaiki.

Untuk mendapatkan hasil terbaik maka saat menggunakan driver GACUN mesti dilakukan sedikit perubahan dalam porsi instalasinya, kabel standar yang sudah ada yaitu :

Merah ( untuk colector trafo )
Hitam ( untuk ground tarfo )
Biru ( untuk sistem feedback voltage output )
Disini saya modifikasi 1 jalur untuk supply tegangan 24 volt dimana tegangan ini saya ambil dari supply yang ada di mainboard PSU asli lalu tegangan 24 volt ini saya hubungkan ke rangkaian GACUN ( B+ ). Ada komponen yang harus dilepaskan yaitu dioda 4148 dan dioda ini terhubung dari trafo kecil yang ada di rangkaian GACUN, posisi persisnya bisa lihat pada gambar berikut :

Gacun1

Setelah dilepaskan dioda tersebut berikutnya saya pasangkan kabel penghubung dari Gacun ke mainboard PSU utama , tampilan komplit setelah semua terpasang :

PSU-Aquos

PSU-Aquos-1

Rangkaian Gacun lengkap dengan Transistor FET jadi saya lepaskan Transistor FET asli bawaan mainboard PSU supaya penempatan kabel merah bisa saya letakan di area ini berikut kabel warna hitam. Untuk kabel biru saya letakan di kaki Optocoupler dan B-UP 24 volt persis letaknya dengan Optocoupler, detail bisa dilihat pada gambar diatas .

Saatnya untuk pengujian , Alhamdulillah hasil yang saya dapatkan PSU sudah berfungsi dengan baik…. tegangan out saat posisi standby terukur 7 volt dan saat on terukur 13 volt. Selesai sudah perbaikan yang saya lakukan.. semuanya berjalan dengan lancar sesuai dengan yang saya inginkan.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment