Thursday, October 22, 2015

CARA BUKA CHILD LOCK TANPA REMOTE PADA TV SANKEN


Problem: 
Fungsi child lock berfungsi tanpa disadari yang punya televisi. Mungkin saat coba akses menu dan terpilih parameter ini sehingga pilihan child lock di aktifkan tanpa tahu fungsi sebenarnya . Dan baru panik setelah mengetahui remote rusak dan coba akses key panel semua pilihan tidak berfungsi , prog -volume-menu .


Perbaikan:
Metode standar hanya dengan menggunakan remote untuk buka child lock ( tekan OSD agak lama sampai child lock terbuka ) . Sayangnya saat sudah dibelikan remote yang kebetulan multi fungsi , saya sudah masukan semua kode yang tersedia tidak ada satupun yang nyangkut.

Default kode biasanya jarang bermasalah , tinggal masukan dan langsung fungsi sesuai dengan model televisi yang digunakan. Televisi yang bermasalah merk SANKEN model agak lama dan ukurannya 14 inc, seperti ini modelnya :

tv-sanken

Karena sudah tidak ketemu cara manual dengan pakai remote control akhirnya saya gunakan trik lain untuk eksekusi permasalahan ini , cara yang saya gunakan dengan memutuskan sesaat IC EEPROM satu pin ( fungsi data (SDA) ) dan selanjutnya saya hidupkan televisi. Saat televisi sudah hidup dan akses key panel bisa di akses saya matikan fungsi child lock ( solderan 1 pin tadi langsung saya solderkan kembali ) . Setelahnya saya matikan televisi dan saya hidupkan kembali, hasil akhirnya sistem keypad panel sudah berfungsi kembali seperti biasanya .

Ada saja jalan keluar untuk permasalahan yang dihadapi yang penting tetap semangat , jangan menyerah .







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment