Saturday, September 26, 2015

TV TOSHIBA BOMBA MODEL 29N3XMS GAMBAR TIDAK PENUH


Kerusakan:
Televisi Toshiba saat pertama kali kita hidupkan tampilan pada layar monitor tidak penuh. Apabila televisi sudah beberapa lama di hidupkan, tampilan pada layar monitor mulai rada penuh. Persisnya seperti ini:

Toshiba Bomba/ hasil gambar yang mengecil


Perbaikan:
Dilihat dari gambar diatas sudah bisa kita ketahui ada masalah di bagian vertikal gambar, Jadi disini kita hanya mengecek pada bagian vertikal saja. Apakah ic vertikal rusak? Tentu saja tidak, karena masih ada gambar yang di tampilkan di layar monitor” Jika ic vertikal rusak tampilan hanya satu garis saja.

Jadi dimana letak kerusakannya? Untuk kasus seperti ini memang sering terjadi pada televisi merk ini, secara kasat mata bisa kita lihat ? Capasitor yang ada pada mainboard dimana telah terjadi kebocoran, sehingga meninggalkan bekas pada Mainboard. Inilah yang mempermudah pekerjaan kita, sudah ada tandanya jadi lebih mudah. Tampak seperti ini :

driver vertikal / Cairan bekas capasitor dengan tanda lingkaran merah

Capasitor 2.2uf/50 volt mengalami kebocoran, ini yang menyebabkan tampilan tidak penuh. Penggantian memang harus dilakukan akan tetapi sebelumnya kita mesti membersihkan terlebih dahulu bekas cairan elektrolit yang menempel pada PCB. Disini kita menggores PCB bagian atas dengan solder, untuk memisahkan dari bekas cairan elektrolit. Karena kalau tidak begitu terkadang televisi masih menggalami gangguan.

Memisahkan apa sih? Begini maksudnya, karena cairan elektrolit sudah terlanjur nempel pada PCB walaupun sudah kita bersihkan nantinya akan kembali seperti awal lagi. PCB jika kita tes menempelkan prob tester pada bagian atas dengan batas ukur 10k , jarum akan bergerak walaupun tidak ada jalur tembaga pada PCB bagian atas. Menores PCB bagian atas yang kita lakukan untuk memisahkan komponen satu dengan komponen yang lainnya.

Tentunya hanya di tempat yang terkena cairan elektrolit, dalam gambar diatas bisa kita lihat komponen yang terkena cairan elektrolit diantaranya resistor , jalur ground, capasitor, 2 pin dari IC. Hasilnya seperti ini:

driver vertikal / Pemisahan jalur dengan tanda lingkaran merah

Setelah selesai semuanya kini saatnya kita tes, tekan tombol power tunggu sesaat? Alhamdulillah gambar sudah kembali normal.








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment