Tuesday, September 29, 2015

TV TOSHIBA BOMBA GAMBARNYA LAMA TAMPIL


Kerusakan:
Televisi Toshiba Bomba jika kita hidupkan cuma tampil warna biru saja/ no signal. Jika sudah lebih dari 10 menit gambar mulai muncul, tapi terkadang terjadi distorsi pada gambarnya.

Perbaikan:
Bagian yang menjadi fokus pemeriksaan adalah Rangkaian IF dimana pada televisi Toshiba sudah dibentuk dalam satu Modul. Kalau memang kita mau menggantinya dengan yang baru? kisaran harganya lumayan menguras kantong, sayang tentunya. Disini kita coba untuk memperbaikinya, begini caranya-
Lepaskan penutup alumunium pada Modul IF, seperti tampak pada gambar berikut:

Modul IF televisi Toshiba bomba

Jika sudah tahap berikutnya adalah memanaskan solder, disini kita akan menyolder ulang pada beberapa bagian komponen yang ada pada Modul IF. Mengapa mesti di solder ulang? ini diperlukan karena dari gejala yang di alami, dimana bila televisi sudah rada lama dihidupkan tentunya akan timbul panas. Dengan adanya panas yang ada pada Modul IF memungkinkan komponen yang tadinya terlepas solderannya menjadi terhubung kembali.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya dimana letak komponen yang di maksud? Setelah kita selidiki dengan teliti ternyata ada pada Capasitor nano dengan bentuk SMD. Posisi bisa dilihat pada gambar berikut:

Modul IF televisi Toshiba bomba/ letak masalah dengan lingkaran merah

Tanda denga lingkaran warna merah adalah Capasitor yang kita maksud, Setelah kita solder ulang Alhamdulillah Televisi sudah kembali normal. Kita hidupkan televisi gambar langsung tampil, tidak harus menunggu panas dahulu.





sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment