Monday, September 7, 2015

TV SHARP 21EF250MK2 GAMBARNYA MENYEMPIT


Kerusakan:
Televisi jika hidupkan terdengar suara storing dari Playback dengan hasil tampilan pada layar monitor Vertikal gambar menyempit. Tampilan pada layar monitor seperti tampak pada gambar berikut:

Tampilan pada layar monitor

Perbaikan:
Jika kita perhatikan kerusakan seperti ini ada pada bagian Vertikal-nya. Setelah kita periksa IC Vertikal dengan type STV9302B tidak ada masalah alias bagus-bagus saja. Pemeriksaan selanjutnya kita coba melihat Yoke Defleksi dimana hubungan dengan sistem output IC Vertikal ada padanya.

Hasilnya positif hambatan kumparan untuk bagian fungsi Vertikal mengalami perubahan, dimana untuk kumparan bagian bawah tidak bekerja.Ini kita ketahui setelah melepaskan kawat yang ada pada soket bagian atas Yoke Defleksi, dimana secara pemasangan kumparan di pasangkan secara pararel.

Untuk ini kita mesti melepaskan Kumparan yang ada pada Yoke Defleksi, yaitu yang ada pada bagian luarnya. Setelah bisa kita lepaskan akan tampak seperti ini:

Kumparan Yoke Vertikal area

Untuk mengetahui letak kawat yang putus kita mesti mengeluarkan kawat yang ada tentunya, Disini setelah kita keluarkan beberapa lilitan akhirnya tempat kawat yang putus sudah terlihat. Segera kita sambung dan menyolder-nya supaya lebih kuat. Setelah selesai segera kita masukan kembali ketempat awalnya yaitu Yoke Defleksi.

Kini saatnya untuk melihat hasilnya, kita hidupkan Televisi? Alhamdulillah Televisi sudah kembali normal, Vertikal sudah pulih serta suara Storing dari Playback sudah tidak ada lagi.







sumber:

No comments:

Post a Comment