Friday, September 4, 2015

TV SANYO MATI SENDIRI SETELAH BEBERAPA JAM


Kerusakan:
Televisi merk sanyo, ketika kita hidupkan untuk pertama kali dimana kondisi komponen di mainboard masih dingin . Televisi tampak baik-baik saja, dalam artian semuanya berfungsi dengan baik. Namun setelah beberapa jam terkadang Televisi mati dengan sendiri-nya.

Perbaikan:
Sistem Power supply yang mesti kita periksa untuk pertama kali, Pada Televisi ini menggunakan IC STR W6753 sebagai komponen utamanya. Di saat kondisi IC STR W6753 sudah sangat panas,
Kita adakan pengukuran pada tegangan supply B-up untuk IC ini, hasilnya tegangan supply Spaning. Jadi inilah yang membuat sistem Regulator menjadi tidak berfungsi, dan membuat Televisi tidak bisa hidup pastinya.

Penggantian IC STR W 7653 tidak kita gunakan yang sejenis, melainkan kita gunakan IC STR W7654. Untuk Pinout-nya adalah sama persis, contoh IC STR W6754 pada gambar berikut:

IC STR W6754

Hasil setelah diadakan penggantian dengan type STR W 6754, ALhamdulillah televisi Sanyo sudah kembali normal

Tips:
Bila kita mau mengganti IC STR W 6753 dengan STR W6754, jika tegangan supply sudah terlanjur masuk pada rangkaian power supply dan disimpan di dalam Capasitor, sebaiknya di kosongkan dahulu. Bisa menggunakan Lampu bohlam 20 Watt atau pakai elemen solder juga bisa. Diukur pakai multitester untuk memastikan kalau tegangan dalam Capasitor telah habis. Setelah itu barulah kita pasang IC-nya.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment