Tuesday, September 8, 2015

TV SANYO GAMBAR MENYEMPIT VERTIKAL


Kerusakan:
Jika Televisi kita hidupkan? tampak gambar pada layar monitor tidak penuh, ada penyusutan di bagian Vertikal.

Tampilan pada layar monitor

Perbaikan:
Kasus seperti ini memang sering terjadi pada Televisi merk Sanyo, faktor utama penyebabnya adalah Capasitor. Capasitor yang terpapar panas dalam waktu yang lama, membuat cairan Elektrolit di dalamnya menjadi berkurang. Perampingan mainboard Televisi yang menyebabkan Capasitor lebih cepat menguap, posisi komponen semakin padat/ berdekatan satu sama lain

Untuk memperbaiki kerusakan seperti ini adalah dengan mengganti Capasitor-nya. Kapasitas Capasitor yang dipakai di Televisi ini adalah 1000uf/35volt. Posisi Capasitor dalam mainboard setelah penggantian tampak pada gambar berikut:

mainboard tv sanyo

Tanda lingkaran merah adalah Capasitor yang dimaksud. Setelah kita pasang dengan Capasitor yang baru, Televisi kita hidupkan? tampak gambar sudah penuh/ tidak menyempit. Tapi pada bagian atas gambar ada timbul beberapa garis putih , berarti masih ada kerusakan lain.

Garis putih bisa kita hilangkan dengan mengganti Capasitor dengan nilai 220uf/35volt. Letak Capasitor yang dimaksud ada pada gambar berikut:

mainboard tv sanyo

Capasitor tepat berada di bawah lingkaran merah. Setelah kita ganti, langsung kita coba kembali menghidupkan televisi? Hasilnya Alhamdulillah gambar Televisi sudah kembali normal.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment