Sunday, September 20, 2015

TV SAMSUNG CS21C511CL TIDAK BISA MENERIMA SIARAN


Kerusakan:
Televisi Samsung kita hidupkan hanya raster yang tampak pada layar Monitor, tidak satupun program acara televisi yang bisa diterima.

Model televisi Samsung :

Gbr 1 Model Televisi Samsung

Perbaikan:
Tahap awal pengecekan kita lakukan pada pinout Tuner, supaya kita bisa memblok letak kerusakan. Pinout Tuner televisi Samsung adalah sebagai berikut:
1 Agc

2 Nc

3 Nc

4Clock

5 Data

6Bm/5volt

7 Nc

8 Nc

9 Bt

10 Nc

11 If out

Setelah kita cek? Tegangan pada setiap pinout Tuner semuanya ada, berarti kerusakan ada pada Tuner-nya. Model Tuner pada televisi ini tampak pada gambar2:

Gbr 2 Model Tuner Televisi Samsung

Kerusakan dikarenakan adanya perekat, semacam lem yang ada pada Tuner yang mengakibatkan berkaratnya cristal. Akibatnya IC Control di Tuner tidak bisa berfungsi. Tuner pengganti yang kita gunakan adalah Tuner yang biasa dipakai pada Televisi Sanyo, ada perbedaan sedikit dengan Tuner Samsung. Pinout Tuner Sanyo adalah:

1 Agc

2 Nc

3 Ground

4 Clock

5 Data

6 Bm

7 Nc

8 Nc

9 Bt

10 Nc

11 If out


Perbedaan ada pada kaki no 3 , jadi kalau kita gunakan Tuner yang biasa digunakan pada televisi Sanyo kita hanya perlu menjumper kaki no 3 dengan Ground/ – pada mainboard televisi Samsung. Setelah proses penggantian selesai, kini kita coba hidupkan televisi? Buka menu dan Scan auto, Alhamdulillah televisi sudah bisa menerima siaran kembali.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment