Friday, September 18, 2015

TV SAMSUNG CS-21K30ML GAMBARNYA TIDAK ADA


Kerusakan:
Televisi Samsung CS-21K30ML saat coba dihidupkan setelah beberapa saat cuma terdengar suaranya saja sedangkan gambar tidak muncul.

Model televisi Samsung :

Model Televisi Samsung

Penyebab:
Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya hal ini dan saya coba telusuri satu persatu , antriannya :

1 Kemungkinan rusaknya IC bagian Vertikal, hasil yang didapatkan setelah pengecekan adalah negatif. IC masih bagus

2 Lepasnya tegangan supply untuk Heater, hasil yang didapatkan setelah pengecekan adalah negatif. Tegangan ada

3 Rusaknya Soket CRT , hasil negatif. Soket masih bagus

4 Rusaknya CRT, hasil negatif. Tegangan output katoda CRT masih ada

Rupanya setelah pengecekan lebih lanjut , poin no 4 yang berlaku. Tegangan output mengalami penyusutan di input Katoda warna G ( hijau ), inilah yang membuat gambar tidak bisa tampil di layar monitor. Kalau saya perhatikan  sistem output dari ic crhoma ke input penguat video RGB pada televisi ini membutuhkan feedback ke ic crhoma.
Apabila tegangan feedback terlalu rendah, gambar tidak bisa ditampilkan pada layar monitor. Pertolongan tahap awal bisa dicoba naikan tegangan Screen, biasanya gambar pasti muncul. Hasil setelah saya naikan tegangan screen, gambar sudah ada cuma sesaat suka hilang lagi.

Cara terakhir saya naikan tegangan supply untuk Heater CRT, tegangan awal adalah 5,2 volt AC menjadi 6.4 volt AC. Hasil setelah perubahan , televisi sudah tampak gambarnya dan cendrung stabil/ tidak hilang-hilangan. Untuk kekuatannya kita tidak bisa memastikannya, baiknya setelan gambar dibuat lembut. Dengan nilai setting Contrast yang lebih rendah membuat CRT lebih tahan lama.

Untuk menghasilkan tegangan supply yang lebih tinggi pada bagian Heater, Kita bisa pasangkan kabel pada inti ferit Playback. Ambil Output + dari Heater di lilitkan satu kali pada inti ferit playback. Cara pemasangan bisa dilihat di video berikut :


Sedikit cerita servis,,, semoga bisa bermanfaat








sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment