Wednesday, September 23, 2015

TV POLYTRON PS52UV59 LISTRIK LANGSUNG JEPRET SETELAH DIHIDUPKAN


Kerusakan:
Televisi Polytron jika kita hidupkan ” listrik langsung jepret.

model-televisi-Polytron

Perbaikan:
Hasil pengecekan kita dapatkan adanya kerusakan pada bagian power supply, untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar berikut:

Mainboard-tv-Polytron-power-supply-area
Komponen utama yang digunakan pada power supply ini adalah Transistor type P7N65 sebagai switching . Mungkin dari temperatur yang sedemikian panas pada Transistor yang menyebabkannya menjadi rusak. Televisi Polytron ini menggunakan tabung model Flat Slim, Penggantian spare-part kita tidak menggunakan versi asli-nya’ karena pertimbangan masalah kekuatannya.

Disini kita mengganti dengan Transistor yang lebih besar kapasitasnya, kalau sebelumnya arus 7 amper kita ganti dengan yang 10 amper. Model Transistor yang kita pakai adalah FS-10KM dari varian televisi Polytron sebelumnya. Biasanya Transistor ini di gunakan di televisi Polytron 29 inc.

Segara kita lepaskan dan mengantinya dengan yang baru, oh iya Transistor type C1815 juga harus kita ganti karena menggalami kerusakan . Letaknya adalah yang dekat capasitor nano, Transistor ini memang kecil tapi fungsinya yang besar, untuk mengatur besaran tegangan yang di keluarkan dari power supply. Posisi persisnya bisa dilihat pada gambar berikut :

mainboard-tv-polytron-power-300x108

Setelah di ganti kini saatnya kita tes menghidupkan televisi’ Alhamdulillah televisi sudah bisa hidup lagi, Syukur dah cuma sedikit saja yang rusak.





sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment