Saturday, September 19, 2015

TV PHILIPS VOLUME NAIK SENDIRI


Kerusakan:
Televisi Philips kita hidupkan? setelah gambar muncul pada layar monitor, volume televisi naik sendiri. Kita coba tekan tombol volume pada panel depan televisi, tidak ada perubahan tetap saja volume televisi bergerak naik.

Model televisi Philips :

model televisi philips

Perbaikan:
Pemeriksaan awal kita lakukan pada Switch yang ada pada Panel Control, karena kerusakan ini memang sudah jelas bisa dipastikan dari sini kalau kita lihat dari kejadiannya. Switch memang sering mengalami shot, apalagi kalau jarang digunakan. Apabila sering digunakan switch terkadang  malah lebih awet.

Cara untuk mengetahui bahwa switch ada yang shot adalah dengan melepaskan Resistor pada jalur penghubung ke Switch. Setelahnya bisa kita gunakan Multitester dengan batas ukur 10K, hubungkan prob pada kedua kaki Switch. Jika Switch kondisi bagus multitester tidak menunjukan nilai/ jarum diam, sebaliknya jika switch rusak jarum pada multitester bergerak naik.Model switch yang di gunakan tampak pada gambar berikut :

model switch
Pada keypad panel di mainboard televisi ini menggunakan 6 buah switch. Disini kita ganti semua switch karena untuk jaga-jaga, biasanya jika hanya satu Switch saja yang diganti terkadang Switch yang lain juga bisa shot . Harga yang relatif murah, jadi di beli yang banyak sekalian buat stok. Setelah proses penggantian selesai kini saatnya untuk mencoba menghidupkan televisi?

Tekan tombol power‘ tunggu sesaat dan hasilnya” Alhamdulillah fungsi keypad front panel sudah kembali berfungsi sesuai dengan perintahnya.







sumber:
www.hamimservis.com

No comments:

Post a Comment